Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Yusuf Digoda Oleh Istri Tuannya

3 min read

Yusuf Digoda Oleh Istri Tuannya

Firman Allah Tentang Kisah Nabi Yusuf Digoda Oleh Istri Tuannya

Allah SWT telah berfirman, “Dan perempuan yang ada di rumah yang ia (Yusuf) tinggali telah menggoda dirinya. Dia (perempuan) menutup pintu-pintu, lalu berkata, “Marilah mendekat kepadaku.” Yusuf berkata, “Aku berlindung kepada Allah, sungguh, tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya orang yang zhalim itu tidak akan beruntung. (QS. Yusuf: 23).

Dan sungguh, perempuan itu telah berkehendak kepadanya (Yusuf). Dan Yusuf pun berkehendak kepadanya, sekiranya dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, Kami palingkan darinya keburukan dan kekejian. Sungguh, dia (Yusuf) termasuk hamba Kami yang terpilih. (QS. Yusuf: 24).

Dan keduanya berlomba menuju pintu. Perempuan itu menarik baju gamisnya (Yusuf) dari belakang hingga robek. Dan keduanya mendapati suami perempuan itu di depan pintu. Dia (perempuan itu) berkata, “Apakah balasan terhadap orang yang bermaksud buruk terhadap istrimu. Dipenjarakan atau (dihukum) dengan siksa yang pedih?”. (QS. Yusuf: 25).

Yusuf menjawab, “Dia yang menggodaku dan merayu diriku.” Terdapat seorang saksi dari pihak keluarga perempuan itu yang memberikan kesaksian. Apabila baju gamis yang dikenakan yusuf robek di bagian depan, maka perempuan itu benar, dan Yusuf termasuk orang yang dusta. (QS. Yusuf: 26).

Dan apabila baju gamis Yusuf robek di bagian belakang, maka perempuan itulah yang dusta, dan Yusuf termasuk orang yang benar.” (QS. Yusuf: 27).

Maka saat suami perempuan itu melihat baju gamis Yusuf robek di bagian belakang, dia berkata, “Sesungguhnya ini adalah tipu dayamu”. Tipu dayamu benar-benar hebat.” (QS. Yusuf: 28).

Wahai Yusuf “Lupakanlah ini, dan (istriku) mohonlah ampunan atas dosamu, karena engkau termasuk orang yang bersalah.” (QS. Yusuf: 29).

Penjelasan Surat Yusuf Ayat 23-29

Pada ayat-ayat tersebut Allah menceritakan tentang godaan yang dilakukan oleh istri dari tuan Aziz kepada diri Yusuf. la meminta Yusuf untuk melakukan hal-hal yang tidak pantas, padahal istri tuan Aziz begitu cantik berharta, berkedudukan, dan masih muda.

Bagaimana mungkin istri dari seorang menteri negara tertarik dengan pelayannya. Hingga ia berusaha keras menggodanya dengan cara menutup pintu untuk mengurung mereka berdua di dalam rumah, mempersolek dan mempercantik diri, serta mengenakan pakaian yang paling baik dan paling membanggakan? Bahkan Ibnu Ishaq mengatakan, istri dari tuan Aziz itu adalah kemenakan dari Raja Mesir, Rayan bin Walid.

Hal itu dilakukan karena Yusuf memang seorang pemuda yang sangat tampan dan rupawan. Hanya saja ia merupakan seorang Nabi dan keturunan para Nabi pula. Oleh karena itu Allah menjaga dirinya dari perbuatan yang keji, ia dipelihara dari perangkap tipu daya wanita.

Selanjutnya, “Dan keduanya berlomba menuju pintu.” Yakni, Yusuf berusaha menggapai pintu untuk keluar dari ruangan tersebut dan menjauh dari istri tuannya. Akan tetapi istri tuannya itu terus mengejarnya hingga ke daun pintu. Dan tatkala pintu itu dibuka, keduanya mendapati suami perempuan itu di depan pintu. Maka perempuan tersebut langsung mendahului Yusuf untuk berbicara kepada suaminya, “Apakah balasan terhadap orang yang bermaksud buruk terhadap istrimu. Dipenjarakan atau (dihukum) dengan siksa yang pedih?” ia menuding Yusuf akan melakukan sesuatu. Padahal ia sendiri yang berbuat demikian. Ia ingin membela diri di hadapan suaminya. Walaupun ia sendiri dan Yusuf mengetahui bahwa itu tidak benar, maka Yusuf pun membela diri, “Dia yang menggodaku dan merayu diriku.” Ia harus mengungkapkan kebenaran itu. Karena jika tidak, maka tentu saja tuan Aziz akan sangat murka kepadanya.

Allah menjaga Nabi Yusuf dan membebaskannya dari perbuatan yang keji. Nabi Yusuf dijaga dan dipelihara dari perbuatan yang tidak patut dilakukan. Karena itu, pada kalimat selanjutnya Allah menegaskan, “Demikianlah, Kami palingkan darinya keburukan dan kekejian. Sungguh, dia (Yusuf) termasuk hamba Kami yang terpilih.”

Naungan Allah Saat Nabi Yusuf Digoda Oleh Istri Tuannya

Nabi Yusuf termasuk golongan yang diberikan naungan oleh Allah pada akhirat nanti. Karena ketika ia digoda oleh istri tuan Aziz, ia berkata, “Aku berlindung kepada Allah. Sungguh, tuanku lelah memperlakukan aku dengan baik. Bagaimana mungkin aku berbuat seperti yang engkau inginkan. Padahal Tuhanku selalu mengawasi diriku. Apalagi suamimu telah memperlakukanku dengan baik dan memuliakanku. Sesungguhnya orang yang zhalim itu tidak akan beruntung.” Makna dari firman ini telah kami bahas secara mendetail dalam kitab tafsir Ibnu Katsir. Tepatnya pada pembahasan firman Allah, “Dan Sungguh, perempuan itu telah berkehendak kepadanya (Yusuf). Dan Yusuf pun berkehendak kepadanya, sekiranya dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya.” (Yusuf: 24).

Nabi Yusuf termasuk dari salah satu golongan orang-orang yang bertakwa yang akan diberi naungan oleh Allah di akhirat nanti. Sebagaimana disebutkan dalam Kitab Shahihain (Shahih Bukhari dan Shahih Muslim). Sebuah riwayat dari Nabi , “Ada tujuh golongan yang akan diberikan naungan oleh Allah. Dan pada hari itu tidak ada naungan lain selain naungan Allah. Yaitu: Seorang pemimpin yang adil, seseorang yang mengingat Allah kala ia bersendirian, lalu menetes air matanya,seseorang yang hatinya selalu terkait dengan Masjid, semenjak ia keluar hingga kembali lagi ke Masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka menyatukan diri (berteman) atau memisahkan diri (tidak berteman) hanya karena Allah, seseorang yang bershadaqah secara sembunyi, hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya, seorang pemuda yang tumbuh dewasa dengan beribadah kepada Allah, dan seseorang yang digoda oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan namun ia berkata, Aku takut kepada Allah.”

Kisah Nabi Yusuf Digoda Oleh Istri Tuannya ini dikutip dari sumber terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan kevalidannya. Silahkan Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan pengetahuan sejarah Para Nabi yang mungkin belum anda ketahui secara mendalam.

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Kisah Nabi Adam

Ulum
7 min read

Keistimewaan Nabi Sulaiman

Ulum
1 min read

Yusuf Dimasukkan Sumur

Ulum
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *