Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Teori Kebahagiaan

4 min read

Teori Kebahagiaan

Teori Kebahagiaan adalah artikel lanjutan dari kategori motivasi dalam blog yang saya kembangkan. Kategori tersebut sudah memiliki putra pertama yang berjudul jangan sombong. Putra keduanya berjudul motto hidup. Selamat mengkonsumsi nutrisi wawasan di situs sepatu merah ini. Semoga hidup anda dipenuhi dengan kegembiraan yang melimpah.

Pada dasarnya semua orang mengharapkan agar hidupnya berjalan mulus dan menemui banyak kebahagiaan. Mereka menganggap sebuah rintangan dan segala hambatan adalah suatu hal yang perlu mereka singkirkan dari hidupnya. apakah ini benar? Mari simak artikel Teori Kebahagiaan ini.

Teori Kebahagiaan dalam Menyikapi Berbagai Keadaan

Teori Kebahagiaan

Kehidupan kerap diibaratkan dengan putaran roda. Posisi roda akan silih bergantian. Saat menempati di posisi manapun, yang kita perlukan adalah penyikapan yang tepat, penyikapan yang dewasa. Dibawah ini penulis akan merunutkan beberapa keadaan sekaligus cara penyikapannya.

Teori Kebahagiaan dalam Menghadapi Rasa Kesal

Kiat Menghadapi Rasa Kesal

Andaikan suatu waktu kamu merasakan sebuah kekesalan pada dirimu sendiri, maka anggaplah bahwa hal tersebut adalah suatu kewajaran. Karena semustinya perlu menyetop kejengkelan terhadap oranglain. Siapkan berapa lembar waktu untuk menganalisa diri sendiri dengan komentar-komentar. Tidak usah mempedulikan aib orang lain untuk dicecar kemana-mana.

Trik Menghadapi Perasaan Emosi

Kiat Menghadapi Perasaan Emosi

Kalau suatu tempo kamu marah pada seseorang atau suatu hal, anggaplah bahwa perasaan itu adalah kenormalan yang wajar dilampiaskan. Karena kemarahan memang perlu diluapkan pada situasi tertentu. Kemarahan tidak selamanya menyimbolkan pada kebencian. Banyak orang menganggap bahwa kemarahan adalah kondisi dimana intonasi suara meninggi. Padahal tidak semua kemarahan terwujud dalam suatu teriakan.

Teori Kebahagiaan Menghadapi Kekeliruan

Kiat Menghadapi Kekeliruan

Jika pada suatu waktu kamu melakukan kesalahan, anggaplah hal itu manusiawi. Sebab manusia memang harus merasakan kesalahan agar terus menerus memperbaiki diri. Sering sekali sebuah pelajaran dan hikmah muncul mengemuka dari sebuah kesalahan. Karena mengakui sebuah kesalahan saja sudah termasuk kebaikan, sebab ada unsur penerimaan diri didalamnya.

Cara Menghadapi Kesedihan

Kiat Menghadapi Kesedihan

Kalau suatu saat kamu menangis atas apa yang dialami, anggaplah itu semua sebagai bagian dari alasan Tuhan menciptakan airmata. Karena tidak semua kesedihan bisa lekas membaik bila diceritakan. Kadang sebuah tangisan justru lebih berpotensi menjadi penawar ketimbang berkeluh kesah mencurhatkan keadaan kepada orang lain. Dengan menangis hati akan menjadi plong dan merasakan ketenangan.

Teori Menghadapi Kesepian

Kiat Menghadapi Kesepian

Untuk kamu yang sedang kesepian, jangan takut. Dunia ini penuh dengan kebersamaan yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan yang menghibur. Atau dengan cara menikmati hangatnya persahabatan. Betapa banyak mereka yang kesepian di tengah keramaian. Sebaliknya, ada orang-orang yang terlihat kesepian, padahal jiwanya dipenuhi kegembiraan yang tak terlukiskan.

Kiat Menghadapi Kebosanan

Kiat Menghadapi Kebosanan

Untuk kamu yang sedang mengalami kebosanan, sesekali kau perlu untuk mencari dan mencoba hal-hal baru. Dunia begitu luas. Bacalah dunia ini dari kacamata yang berbeda. Hingga akhirnya kamu akan memahami, bahwa kebosanan adalah cara Tuhan membuat kita pergi melesat menuju kebahagiaan.

Teori Kebahagiaan dalam Menghadapi Proyek Perencanaan Masa Depan

Merancang Masa Depan

Untuk kamu yang sedang merancang masa depan, boleh jadi hasil yang kamu tunggu tidak datang sekarang. Pernahkah terpikir dalam benak pikirmu bahwa tidak semua benih yang kau tanam hari ini boleh jadi akan di panen anak cucumu esok lusa? Semoga kamu mengerti, bahwa tidak semua bunga yang selama ini kau rawat, kau yang akan memetiknya. Tidak perlu jauh-jauh, lihatlah para pahlawan. Mereka yang berjuang mati-matian, eh malah kita yang menikmati manisnya kemerdekaan.

Tips Menghadapi Sebuah Problem

Kiat Menghadapi Problem

Untuk kamu yang punya masalah, jangan mengeluh. Dunia ini punya berjuta solusi yang kerap tidak kita sadari. Entah berapa ketidaksadaran yang kita miliki tiap hari, bahwa disetiap satu jengkal kesulitan ada dua hasta kemudahan. Atau bahkan, bersama semeter kesukaran ada sekian banyak kilometer kesempatan dan hikmah.

Kerancuan Deskripsi Kebahagiaan

Kerancuan Teori Kebahagiaan

Seringkali penulis menemui beberapa penjabaran mengenai kebahagiaan yang penulis rasa hal tersebut adalah deskripsi yang kurang tepat. Berikut adalah beberapa deskripsi kebahagiaan yang penulis nilai kurang esensial. Mari kita analisa bersama.

  • Bahagia itu bukan hanya ketika orang berkata “selamat ya kawan atas kesuksesanmu”. Tidak juga saat orang memberikan apresiasi atas pencapaianmu. Kebahagiaan bisa pula hadir ketika kita tidak peduli dengan segala macam penilaian orang lain dan memutuskan berdamai dengan diri sendiri.
  • Bahagia itu bukan hanya ketika kita mampu mendapatkan apa yang kita maui. Kebahagiaan juga bisa hadir ketika kita sanggup melepaskan apa yang belum pantas kita miliki. Seharusnya kita bisa merelakan target-taget yang berada diluar jangkauan kita. Segala daftar keinginan mustinya memiliki alat timbang masing-masing.
  • Bahagia itu bukan hanya ketika kita kuasa meraih sorak sorai dari tepukan tangan banyak manusia. Kebahagiaan juga bisa hadir ketika kita tahu persis kapan harus merekahkan senyum atas segala perjalanan yang kita lewati dengan penuh ketenangan hati.
  • Bahagia itu bukan hanya ketika kita berhasil lepas dari berbagai macam permasalahan yang sedang melilit. Kebahagiaan juga bisa terwujud ketika kita benar-benar percaya bahwa disetiap kesulitan yang rumit akan selalu ada kemudahan yang mampu kita gamit.
  • Bahagia itu bukan hanya ketika kita bisa mencapai apa-apa yang selama ini kita impikan. Kebahagiaan juga bisa hadir ketika endingnya kita mampu menyerahkan seluruh hasil perjuangan kepada Tuhan. Sebab tugas kita adalah memahami Arti Istiqomah lalu menerapkannya dalam sikap keseharian.

Teori Kebahagiaan dalam Memahami Pembelajaran Hidup

Teori Kebahagiaan dalam Pembelajaran Hidup

Mulai dari sekarang, perlu sekali kita ambil bibit-bibit kebaikan untuk selanjutnya ditanamkan pada ladang hati kita. Berikut ini akan penulis sampaikan beberapa daftar pelajaran yang selayaknya terkonsepkan untuk merapikan prinsip yang sudah dibangun.ย  Semoga memahamkan dan bermanfaat.

  • Belajarlah mengamati, meskipun rasanya ingin sekali dirimu membangun sebuah persepsi.
  • Belajarlah menjelaskan, meskipun rasanya ingin sekali dirimu membuat sebuah pembenaran.
  • Belajarlah mendengarkan, meskipun rasanya ingin sekali dirimu mengeluarkan sejilid alasan.
  • Belajarlah menahan diri, meskipun rasanya ingin sekali dirimu meluapkan segala emosi.
  • Belajarlah diam, meskipun rasanya ingin sekali dirimu menepis statemen yang membuatmu suram.

Tindak Lanjut Kajian

Tindak Lanjut teori Kebahagiaan

Semua ada waktunya, tidak semua hal dan keinginan mesti diraih saat ini juga. Kadang sebuah ingin adalah tuntutan nafsu, sedang boleh jadi nuranimu saat itu sedang beku. Jangan mudah menyalahkan keadaan ataupun lingkungan. karena pada dasarnya, muasal dari segala akibat adalah keputusan yang kau ambil di awal.

Pada puncaknya nanti, tidak akan ada yang bisa memahami dirimu sendiri kecuali dirimu pribadi. Tak ada gunanya menjelaskan kepada orang lain jika memang orang lain belum merasakan menjadi dirimu. Bukan salah mereka tidak mengerti dirimu, juga bukan salahmu yang tidak menjelaskan banyak kepada mereka.

Kita perlu membiasakan waktu untuk menjawab seluruh pertanyaan yang muncul dalam benak orang-orang di sekitar kita. Meskipun pertikaian akan ada, tapi disitulah pelajaran akan kita temukan. Disinilah Teori Kebahagiaan diperlukan.

Bicaralah karena kebutuhan, bukan sekedar melampiaskan keinginan. Sebab kerapkali lidah merasa kelu untuk mengatur pikiran. Lidah sering sedemikian kelimpungan saat menyetir kinerja akal, sehingga terkadang banyak hal yang tidak penting bisa terwujudkan begitu saja tanpa hambatan. Dampaknya, ucapan kita menggoreskan luka dihati orang lain.

Meski demikian, bukan berarti lantas kamu memilih diam karena tidak mencari aman. Terkadang diam juga tidak senantiasa dibenarkan. Kita perlu bicara agar suasana lebih hidup. Kesunyian terkadang bisa membenamkan pikiran. Sebuah percakapan dibuat agar manusia saling percaya dan memahamkan.

Jika hatimu berbaik hati untuk berdamai dengan masalah, kamu akan menjadikan masalah itu sebagai sahabatmu. Sahabat yang nantinya akan menjadi saksi bisu betapa kuatnya dirimu menghadapi berbagai problem dengan senyuman.

Apapun yang menimpamu, terimalah sebagai bentuk kewajaran. Tangisan tidak bisa melabelimu sebagai seseorang yang cengeng. Begitupun tertawa, tidak bisa menjadi barometer sebuah kegembiraan. Terimalah hidup ini sebagaimana mestinya. Jauhi sikap gusar dan peratapan yang tidak proporsional. Jangan terlalu fokus pada masa lalumu.

Semoga memberikan basuhan yang yang menyejukkan..

Sekian..

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Pacaran dan Beberapa Upacaranya

Ulum
7 min read

Motto Hidup

Ulum
3 min read

8 Replies to “Teori Kebahagiaan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *