Soto Ayam Bumbu Kuning

Cover Soto Ayam

Soto ayam adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Indonesia. Makanan ini berjenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dihasilkan oleh kunyit yang dipergunakan sebagai bumbu. Sajian masakan ini banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura.

Tambahkan bahan penyempurna agar terkesan lebih menawan dan terasa lebih nikmat. Yaitu: telur rebus, irisan kentang, daun seledri, serta bawang goreng. Terkadang makanan ini juga di sajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu, terkadang juga sering di hidangkan dengan sambal, kerupuk dan koya(campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih)

Soto Ayam Bumbu Kuning

Varian Resep

Varian resep soto ayam terhitung sangat banyak sekali. Hampir semua daerah di Indonesia mempunyai aneka resep soto ayam yang berbeda-beda. Hal ini yang membuat jenis makanan ini menjadi makin terkenal dan disukai oleh banyak orang.

Resep Soto Ayam Bumbu Kuning

Resep soto ayam bumbu kuning pastinya tidak asing lagi saat mendengarnya. Daging dengan ramuan seperti ini bakal menjadi makanan yang maknyuss untuk disajikan di meja makan keluarga. Kuah kuning ini berasal dari warna alami kunyit. Selain itu, makanan ini mempunyai resep yang mudah untuk diikuti. Berikut langkah-langkah pembuatannya.

Bahan Utama :

Bahan utama merupakan bahan dasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum bergegas menuju dapur. Tanpa adanya bahan utama, tidak mungkin kita bisa membuat makanan istimewa ini. Bahan utama tersebut harus kita beli secara lengkap. Mengapa? apabila bahan utama tidak komplit, maka mustahil diruang makan akan tersaji menu spesial yang anda inginkan itu.

Berikut bahan utama dalam resep soto ayam :

800 gr daging ayam segar beserta tulang
2 batang serai
1 buah lengkuas dengan lebar 5 cm
Daun salam sebanyak 5 lembar
Daun jeruk sebanyak 5 lembar

Bumbu Halus :

Setelah mengetahui bumbu utamanya, maka kita juga harus menyiapkan bumbu halus. Bumbu halus terdiri rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Bumbu halus ini digunakan agar cita rasa hasilnya menjadi kian berasa.

Berikut bumbu halus yang harus kita siapkan sebelum membuat soto ayam:
10 butir kemiri
11 siung bawang merah
12 butir bawang putih
1 buah jahe dengan lebar 2 cm
1 buah kunyit

Kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe dan kunyit akan kita haluskan secara bersamaan. Gunakanlah blender agar memudahkan kita dalam menghaluskan bahan-bahan tersebut. Kemudian masukkan air dan tambahkan garam dan merica. Hal ini bertujuan agar cita rasa pada resep soto ayam yang akan kita buat semakin berhasil sempurna.

Ciptakan Udang goreng tepung spesial dengan cara simpel nggak bikin repot

Bahan Pelengkap :

Yang terakhir adalah bahan pelengkap yang fungsinya untuk menciptakan rasa yang enak pada soto ayam. Hal ini bisa digunakan & bisa juga tidak. Namun bahan ini biasanya digunakan untuk membuat penyajian soto menjadi lebih menarik untuk dimakan.

Berikut bahan pelengkap yang digunakan :

Jeruk Nipis
Kecap Manis & Sambal
Soun Rebus, Tauge & Kol
Daun Bawang & Daun Sledri
Bawang Goreng

Selamat mencoba ya, semoga menemui hasil yang lebih sukses. Temukan resep jitu lain di Sepatumerah.net.

2 tanggapan pada “Soto Ayam Bumbu Kuning”

  1. Pingback: Opor Ayam Istimewa Resep Jitu Koki-koki Handal- Sepatu Merah

  2. Pingback: Resep Nasi Liwet Solo Kebanggaan Kuliner Nusantara - Sepatu Merah

Tinggalkan Balasan