Resep Rendang Jengkol

Cover Rendang Jengkol

Resep Rendang Jengkol – Mungkin sebagian dari kita, sudah auto alergi mendengar kata jengkol. Yaa karena baunya yang menyengat. Padahal, jika kita bisa mengolahnya dengan benar, bau khas yang menyengat tersebut bisa sirna dan tidak tercium lho.

Bagi sebagian pihak, jengkol bisa menjadi salah satu bahan ejekan. Apalagi kalau lagi bercakap-cakap lalu menyembul bau jengkol, bisadi bully sampai kejang-kejang tuh orang. Heuheuheu. Saudara kembar dari petai ini memang buat sebagian orang menjadi makanan yang dihindari. Padahal kalau jago mengolahnya, jengkol bisa menjelma menjadi masakan yang enak dan lezat. Tidak kalah dengan menu yang menggunakan bahan daging.

Resep Rendang Jengkol

Resep Rendang Jengkol

Rendang jengkol adalah resep masakan yang terbuat dari buah jengkol yang di masak dengan bumbu rendang khas Minang. Banyak orang beranggapan bahwa resep jengkol ini berasal dari Betawi. Wajar sih, mengingat di betawi makanan ini memang populer. Selain menu semur jengkol yang memang khas Betawi, rendang ini juga merupakan hidangan yang nyaris selalu ada saat lebaran, berbuka puasa atau event penting lainnya.

Sesuai dengan nama yang dimiliki, masakan ini berasal dari buah tumbuhan berjenis polong-polongan. Jadi, walaupun sebagian orang menghindari kuliner ini, tetapi kalau sudah merasakannya pasti ketagihan pengen nambah. Apalagi jika mereka tahu kalau ternyata proses membuatnya lebih mudah ketimbang rendang daging, pasti bakal nyuruh istrinya buatin setiap hari.

Baca juga : Resep Nasi Bakar Sederhana Rasa Istimewa

Tips Membuat Resep Rendang Jengkol Supaya Tidak Bau

Tips Membuat Resep Rendang jengkol Supaya Tidak Bau

Buat yang penasaran, dibawah ini akan saya kasih tips jitu cara membuat rendang jengkol agar bau menyengatnya ilang. Untuk membuat resep rendang jengkol yang enak, legit, empuk dan tidak bau itu sebenarnya mudah kok. Asal telaten aja. Untuk menghilangkan bau jengkol yang timbul dari sulfur ini ada tips khususnya. Meskipun ngebuatnya pake bumbu rendang jengkol yang berkualitas, kalau jengkol tidak diolah dulu, bau khasnya tetep bakal nyengat lho.

  1. Jengkol yang akan digunakan harus benar-benar tua. Kalau yang muda baunya lebih kuat sehingga akan susah sekali untuk dihilangkan. Biasanya warna dagingnya lebih ke arah warna coklat muda.
  2. Jadikan jengkol menjadi 2 belahan, kemudian rendam dengan air bekas cucian beras. Air ini berfungsi untuk mengurangi kadar bau yang menyengat pada jengkol. Proses perendaman ini bisa 1 atau 2 hari. Ingat air harus diganti tiap hari ya kemudian cuci bersih dengan air.
  3. Selanjutnya rebus jengkol dengan air mendidih agar sisa-sisa bau dan kulit arinya terkelupas semua. Boleh juga ditambahkan rajangan daun jeruk agar aromanya lebih segar.
  4. Sampai disini sebenarnya sudah siap dimasak dengan bumbu rendang jengkol. Namun agar lebih mantap, sebaiknya jengkol yang telah terbelah dikukus sebentar agar teksturnya lebih empuk.

Kandungan Jengkol

Kandungan Jengkol

Selain citarasanya yang khas dan membuat ketagihan para penikmat, ternyata rendang jengkol juga banyak mengandung gizi lho. Dalam biji jengkol terdapat kalsium, fosfor, anti oksidan, zat besi, asam folat, dan protein yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat kandungan khusus yang hanya ada dibahan makanan ini, yaitu zat asam jengkolat.

Efek Samping Jengkol

Efek Samping Jengkol

Selain memiliki manfaat, biji tanaman polong-polongan ini juga mengandung efek samping yang harus diwaspadai kalau berlebihan. Asam jengkolat yang terkandung dalam jengkol, ternyata berbahaya bagi penderita ginjal. Karena butiran-butiran zat ini sukar untuk disaring oleh ginjal.

Untuk itu, sebaiknya bagi para penderita gangguan fungsi ginjal agar mengurangi konsumsi masakan jengkol ya. Bagi yang sudah penasaran bagaimana cara membuat rendang jengkol yang enak, empuk dan tidak berbau bisa menyimak uraian dibawah ya.

Bahan Resep Rendang Jengkol

Bahan Resep Rendang Jengkol

  • jengkol tua ¼ kg
  • Lengkuas
  • Santan 300 ml
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 Batang serai
  • 2 lembar daun salam

Bumbu Rendang Jengkol

Bumbu Rendang Jengkol

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Cabai merah keriting secukupnya
  • Cabai merah besar secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Jahe ±sepanjang 3 cm
  • Kemiri ±2 pcs. Sangrai dahulu supaya lebih harum

Bumbu dan pelengkap lainnya

Bumbu dan Pelengkap Lainnya

  • Gula pasir secukupnya sesuai selera
  • Lada halus secukupnya sesuai selera
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis bumbu rendangnya)

Cara membuat rendang jengkol

Cara Membuat Rendang Jengkol

  1. Rendam jengkol dengan air bekas cucian beras selama ±1 atau 2 hari agar aroma sengatnya berkurang.
  2. Setelah itu cuci bersih kemudian masukkan ke air rebusan mendidih sampai biji jengkolnya empuk.
  3. Bersihkan kulit jengkol kalau masih ada kemudian geprek pelan atau memarkan supaya bumbu resep rendang jengkol nya nanti mudah meresap kemudian sisihkan.
  4. Haluskan dan uleg cabai, jahe, kemiri, ketumbar, bawang putih dan bawang merah sampai halus.
  5. Siapkan penggorengan dengan minyak secukupnya.
  6. Masukkan bumbu rendang jengkol kemudian aduk-aduk sebentar sampai layu.
  7. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas dan batang serai kemudian aduk-aduk sampai tercium bau harum khas bumbu rendang.
  8. Tuangkan santan yang telah disiapkan bersama dengan biji jengkolnya kemudian aduk-aduk kembali sampai mendidih.
  9. Tuang garam dapur bersama dengan lada halus, gula pasir dan penyedap rasa lalu aduk-aduk kembali.
  10. Tes rasa rendang jengkolnya. Tambahkan garam dan gula jika diperlukan.
  11. Masak dan aduk sampai kuahnya mengental.

Selesai deh proses masak jengkol spesialnya. Meski memakan waktu yang lumayan lama, tetapi nggak bakal sia-sia bund, hasil nggak bakalan ngingkarin proses deh pokoknya. Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan resep-resep tataboga lainnya. Oh iya, bagi temen-temen yang khawatir perihal bau air seni selepas makan jengkol. Aku saranin minum kopi setelah beberapa saat makan jengkol. Agar air seninya nggak bau jengki.

Tinggalkan Balasan