Resep Nugget Ayam

Cover Nugget Ayam

Resep Nugget Ayam – Siapa yang tidak mengetahui jenis makanan yang satu ini? Chicken Nuggets atau yang di Indonesia dikenal sebagai nugget ayam merupakan salah satu makanan yang digemari oleh anak-anak, baik sebagai cemilan atau dijadikan lauk teman makan nasi.

Selain karena mudah dibeli, rasanya yang enak dan cara mengonsumsinya yang tergolong mudah karena tidak mengandung tulang membuat nugget ayam banyak disukai. Tahukah anda bagaimana awal mula ayam diolah menjadi nugget yang lezat dan disukai banyak orang. Baca uraian dibawah ini,

Fakta Nugget Ayam

Fakta Nugget Ayam

Sebelum mengonsumsi ataupun membuat nugget ayam, yuk simak beberapa fakta terkait nugget ayam di bawah ini,

  • Nugget ayam sebenarnya sudah ada sejak tahun 1963. Penemu makanan ini adalah Robert C. Baker, seorang profesor dari Universitas Cornell. Baker merupakan ahli dalam ilmu pangan dan berhasil menciptakan olahan chicken stick. Pada era itu, Baker dan mahasiswanya bercita-cita menciptakan olahan ayam yang dibekukan.
  • Dilansir dari Grunge, awal mulanya, naget ayam dibuat hanya dari daging ayam yang sudah tua. Alasannya karena selain ayam tua tidak lagi bisa bertelur, ayam ini juga tidak mungkin diolah secara utuh karena rasa dagingnya tidak lezat lagi. Untuk memanfaatkan ayam tua tersebut, dibuatlah nugget ayam.
  • Masih dilansir dari Grunge, nugget ayam di Inggris memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada di Amerika Serikat. Hal tersebut disebabkan karena negara di Eropa memiliki peraturan terkait makanan yang lebih ketat dibandingkan di Amerika Serikat.
  • Daging ayam tua ternyata mempengaruhi rasa. Karena rasanya yang kurang lezat, lambat laun terdapat perubahan cara membuat nugget ayam. Akhirnya, nugget dibuat dari ayam yang muda sehingga rasa dagingnya lebih lezat dan warnanya tampak lebih menarik.

Baca juga : Cara Bikin Ayam Geprek Bensu

Resep Nugget Ayam Terlezat

Resep Nugget Ayam Terlezat

Membuat nugget butuh pengalaman, tenaga dan juga selera yang bagus, seperti halnya membuat makanan lain. Bahkan makanan yang lebih mudah seperti nasi goreng, tidak semua bisa bikin dengan rasa yang enak. Ada beberapa resep nugget ayam yang pernah saya praktikkan. Salah satunya resep nugget ayam yang simpel ini. yuk simak baik-baik,

Bahan yang Diperlukan :

  • 500 gr ayam (dada ayam fillet)
  • 5 sdm tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 1 siung bawang bombay, cincang
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah wortel, parut dengan parutan lubang besar
  • Garam
  • Lada halus

Bahan Pencelup :

  • Tepung terigu
  • 2 butir telur
  • Tepung roti

Cara membuat Nugget Ayam

Cara Membuat Nugget Ayam

  1. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Angkat.
  2. Campur ayam fillet, wortel dengan bumbu tadi lalu giling (blender) hingga lembut.
  3. Kocok lepas telur, lalu campurkan ke dalam adonan ayam. Tambahkan garam dan lada halus secukupnya. Aduk. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata.
  4. Masukkan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak goreng. Kukus selama 30 menit sampai matang. Dinginkan.
  5. Iris sesuai selera. Gulingkan ke dalam tepung terigu. Lalu celupkan ke dalam kocokan telur. Angkat, gulingkan ke dalam tepung roti hingga menempel rata.
  6. Masukkan ke dalam freezer ±30 menit – 1 jam. Keluarkan, goreng dalam minyak banyak hingga kuning keemasan. Pakai api kecil saja ya.
  7. Sajikan.

Meski menggunakan bahan dasar ayam, saya tetap menggunakan sayur yaitu wortel. Memang komposisinya sedikit, tapi lumayan juga kalau saya masih memasukkan sayur ke dalam nugget. Saya suka dengan wortel ini karena meski dikukus warnanya tetap cerah. Untuk penggunaan wortel sebaiknya tidak usah banyak-banyak karena akan menyulitkan kita saat mengiris nugget.

Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan resep-resep maknyuss lainnya. Sekian, selamat mencoba dan semoga meraih pencapaian sesuai yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan