Resep Nasi Uduk

Cover Nasi Uduk

Resep Nasi Uduk – Nasi uduk merupakan salah satu variasi kuliner dari nasi biasa. Rasanya yang gurih menjadikannya mempunyai banyak penggemar. Nasi uduk sendiri berasal dari Betawi. Secara harfiah, nasi uduk berarti nasi campur karena berasal dari bahasa Indonesia “aduk”.

Disamping memiliki rasa yang gurih, nasi uduk juga  memiliki banyak penggemarnya karena harganya yang murah dan terjangkau. Bahkan di beberapa warung, Anda cukup mengeluarkan 5000 rupiah untuk dapat menikmati kenikmatannya. Selain itu cara membuat nasi uduk ternyata juga sangat mudah.

Nasi uduk tentu berbeda dengan nasi biasa, baik dari segi rasa maupun langkah pembuatannya. Jika nasi biasa hanya dimasak dengan menggunakan air, maka nasi uduk dimasak dengan menggunakan air santan kental dan beberapa rempah-rempah untuk menambah kesedapan dari hanya sebuah nasi biasa saja.

Baca juga : Resep Menciptakan Kari Ayam Istimewa

Nasi uduk juga seringkali disamakan dengan nasi kuning. Nampak sekilas, memang nasi uduk memiliki tampilan yang nyaris serupa dengan nasi kuning. Namun tentu kedua variasi nasi ini berbeda, perbedaan yang paling mencolok antara nasi uduk dengan nasi kuning adalah cita warnanya. Nasi kuning, sesuai dengan namanya berwarna kuning. Sedangkan nasi uduk tidak berwarna demikian.

Cara penyajiannya pun berbeda. Jika biasanya nasi kuning identik dengan model tumpeng, maka untuk nasi uduk, Anda tidak perlu susah-susah membentuknya menjadi tumpeng. Cukup disajikan saja seperti yang biasa tersaji di warung-warung makan prasmanan.

Adapun persamaannya dengan nasi kuning, nasi uduk juga perlu beberapa tambahan lauk dan sayuran pelengkap untuk menambah kenikmatan cita rasanya. Lauk dan sayur pelengkap dari nasi uduk sendiri bisa berupa tempe orek, telur yang dimasak dengan berbagai cara, tahu tempe teri kering, ayam goreng, jeroan, empal, urap-urap, dan masih banyak lainnya. Tidak boleh ketinggalan juga yaitu sambal dan krupuk.

Bagi beberapa ibu rumah tangga, mungkin terkesan ribet membuat sendiri nasi uduk di rumah. Padahal membuat nasi uduk itu perkara mudah lho. Dengan menciptakan nasi uduk sendiri di rumah, Anda bisa mengkreasikan lauk dan sayuran pelengkap sesuai dengan selera yang diinginkan keluarga. Langsung saja ikuti dengan runtut langkah-langkah membuat nasi uduk sederhana dan lezat berikut ini.

Resep Nasi Uduk Spesial

Resep Nasi Uduk Spesial

Bahan membuat Nasi uduk :

  • 1 kg beras berkualitas bagus
  • 2 buah kelapa tua, atau langsung dijadikan 1 liter santan
  • 4 lbr daun pandan
  • 2 batang sere
  • 2 sdm garam
  • 2 sdt ketumbar
  • 2 lbr daun salam

Cara membuat nasi uduk :

  1. Cuci beras dengan air, kukus sampai menjadi setengah matang dengan waktu sekitar ±30 menit.
  2. Santan yang sudah disiapkan lalu didihkan.
  3. Masukkan daun daun pandan, salam, sere dan bahan lain ke santan yang sudah mendidih.
  4. Santan yang telah mendidih lalu disaring.
  5. Masukkan beras setengah matang kedalam santan tadi kira-kira 1 ruas jari diatas beras tadi.
  6. Tunggu sampai beras benar-benar matang dan santan telah meresap.
  7. Nasi uduk siap disajikan.

Baca juga : Resep Simpel Membuat Sop Ayam

Sambal Pelengkap Nasi Uduk

Sebenarnya dengan hanya mengikuti cara membuat nasi uduk diatas sudah dapat membuat makanan khas dari betawi jakarta ini. Namun rasanya kurang pas bila tidak ada sambal. Akan lebih enak rasanya bila mencoba resep nasi uduk sekaligus menyertakan dengan sambalnya juga.

Bahan untuk sambal kacang :

  • Cabai (secukupnya)
  • 200 gr kacang tanah digoreng
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm cuka
  • 300 ml air

Cara membuat sambal :

  1. Masukkan semua bahan sambal seperti cabai, kacang tanah, bawang putih.
  2. Haluskan bumbu-bumbu tadi.
  3. Tambahkan sedikit air.
  4. Sambal siap di sandingkan.

Makanan pelengkap :

  • Kacang goreng
  • Bawang goreng
  • Telur kukus / dadar

Gimana mudah banget kan ternyata. Kalian juga bisa mempraktekannya sendiri dirumah. Selamat mencoba dan semoga mencapai hasil sukses ya bund. Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan resep-resep lainnya. Terimakasih telah mengikuti resep dari kami.

1 tanggapan pada “Resep Nasi Uduk”

  1. Pingback: Resep Nasi Bakar Dengan Citarasa Membakar- Sepatu Merah

Tinggalkan Balasan