Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Penyakit Hati

2 min read

Penyakit Hati

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita memuji syukur kehadirat Allah atas rahmat dan hidayahNya kita masih di beri kesehatan. Tidak ada manusia yang menginginkan sakit. Dalam keadaan sakit sulit bagi kita untuk berbuat apapun. Namun sakit jangan di jadikan alasan untuk berpaling dari perintah Allah. Terkadang walaupun sakit kita di paksakan melaksanakan perintah atasan atau majikan. Bagaimana bisa kita berpaling dari perintah Allah yang kedudukannya jauh lebih tinggi dari perintah siapapun makhluk di bumi.

Secara garis besar sakit ada dua yaitu sakit jasmani dan sakit rohani. Sakit jasmani adalah sakit yang bisa di sebabkan oleh banyak hal misalnya pola makan buruk, gaya hidup kemaruk, lingkungan yang busuk. Sakit jasmani ini sudah tersedia obatnya. Akan tetapi sakit jasmani jika hanya mengandalkan obat obatan medis tanpa pernah memohon pertolongan Allah tidak akan di berikan kesembuhan atas dirinya.

Sesungguhnya Allah yang mengirim sakit kepada manusia semata untuk menguji ketakwaan dan kepatuhan kita padaNYA. Dan Allah pula yang menyediakan kesembuhan apabila umat senantiasa memohon padaNya. Kemudian sakit rohani adalah sakit yang tidak tampak oleh mata namun ada di dalam hati seseorang.

Sebagaimana Allah berfirman: Di dalam hati mereka terdapat suatu penyakit, maka Allah menambahkan penyakit kepada mereka dan bagi mereka siksaan yang pedih dengan sebab apa yang mereka dustakan. (Al-Baqarah 10).

Penyakit Hati Paling Kronis

Apa sajakah yang termasuk penyakit hati? Ada banyak namun yang paling berbahaya ada tiga.

  1. Fitnah
    Fitnah merupakan penyakit hati paling berbahaya. Termasuk dalam fitnah adalah perbuatan hasut, provokasi, menyebarkan isu berkebalikan dengan fakta. Dahsyatnya fitnah bisa menghancurkan kehidupan orang lain, merusak nama baik seseorang, dan menggelapkan masa depan orang. Motif orang melakukan fitnah berdasarkan apa yang ada di dalam hatinya. Tak ada yang tahu. Allah sangat membenci fitnah dan mengingatkan agar manusia jangan sekali kali berbuat fitnah. Allah SWT telah berfirman: “kalian kelak akan mendapati golongan yang lain. merekan bermaksud supaya aman darimu dan aman pula dari kaumnya. Setiap mereka di ajak kembali ke fitnah(syirik) merekapun masuk ke dalamnya. Karena itu jika mereka tidak membiarkan kamu dan tidak mau berdamai denganmu serta tidak menahan tangan mereka dari memerangimu, maka tawanlah dan bunuhlah mereka dan merekalah orang orang yang kami berikan kepadamu alasan nyata untuk menahan dan membunuh mereka.” (An Nisa 91).Sungguh Allah sangat membenci fitnah sampai memerintahkan untuk menahan dan membunuh para penyebar fitnah. Semoga hati kita di jauhkan dari penyakit bernama fitnah.
  2. Sombong
    Adalah sikap manusia yang menganggap dirinya lebih baik. Orang sombong selalu menolak kebenaran dari orang lain karena merasa dirinya paling benar. Orang sombong meninggikan perkataannya karena merasa paling kaya dan berpunya. Orang sombong berjalan membusungkan dada dan mendongakkan kepala karena merasa paling mulia. Orang sombong memandang sinis dan hina karena merasa paling terhormat. Telah disiapkan ganjaran oleh Allah bagi orang yang memelihara kesombongan. “dan ingatlah ketika kami berfirman kepada malaikat ‘sujudlah kamu kepada adam’ merekapun sujud kecuali iblis. Ia enggan dan takabbur dan ia termasuk golongan orang kafir.” (Al Baqarah 34). Allah menegaskan lagi ancamanNya: “masukilah pintu pintu neraka jahanam sedang kamu kekal di dalamnya. Maka neraka jahanam itulah seburuk buruk tempat bagi orang yang menyombongkan diri.” (Az Zumar 72).Mengerikan sekali Allah memasukkan orang sombong ke dalam golongan orang kafir dan menjanjikan neraka jahanam bagi orang sombong. Maka seyogyanya kita selalu merendahkan diri di hadapan orang lain terlebih di hadapan Allah.
  3. Munafik
    Termasuk dalam golongan munafik adalah orang berkepribadian ganda, bermuka dua. Yang dia bicarakan di mulut bertentangan dengan isi hatinya. Apabila berjanji tak pernah menepati, jika di percaya dia berkhianat. Orang munafik bersikap manis namun di balik itu terpendam racun jahat.Sampai Allah menurunkan surat Al-Munafiqun yang di khususkan bagi orang orang munafik. “apabila orang munafik datang padamu(Muhammad) mereka berkata “kami mengakui engkau rasul Allah dan Allah mengetahui sesungguhnya engkau benar rasulNya. Dan Allah mengetahui orang munafik itu benar benar pendusta. Mereka jadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi manusia dari jalan Allah. Amat buruklah yang mereka kerjakan. Sesungguhnya mereka beriman lalu menjadi kafir kemudian hati mereka di kunci mati. Sehingga mereka tidak kuasa memahaminya.” (Al Munafiqun 1-3).Allah telah memvonis orang munafik sebagai pendusta dan termasuk kafir. Hati orang munafik terkunci mati sehingga tidak tahu akibat dari kemunafikannya. Hendaklah kita berkata benar, berlaku baik, tidak ingkar janji, dan memegang teguh kepercayaan agar tidak masuk dalam kelompok orang munafik.

Itulah tiga penyakit rohani paling berbahaya yang mustahil sembuh oleh obat medis. Obatnya hanyalah kita harus kembali pada petunjuk Allah.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Tolong Menolong Dalam Kebaikan

Ulum
1 min read