Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Keistimewaan Nabi Sulaiman

1 min read

Keistimewaan Nabi Sulaiman

Keistimewaan Nabi Sulaiman Dibanding Nabi Lainnya

Disamping seorang Nabi yang diutus oleh Allah, Nabi Sulaiman juga diberikan anugerah yang sangat dahsyat. Yakni berupa kerajaan yang begitu besar, kekuasaan yang begitu luas, tentara yang begitu banyak dari berbagai jenis makhluk. Tidak ada seorangpun yang memiliki kerajaan seperti itu sebelumnya. Dan tidak ada seorangpun yang akan memiliki kerajaan seperti itu setelahnya.

Sebagaimana difirmankan Allah SWT,

  1. “Dan kami diberi segala sesuatu.” (An-Naml: 16).
  2. “Dia (Nabi Sulaiman) berkata, “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan karuniakanlah kepadaku sebuah kerajaan yang tidak pernah dimiliki oleh siapapun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (Shaad: 35).Doa dari Sulaiman itu telah dikabulkan semuanya oleh Allah.
  3. “Inilah karunia Kami, maka berikanlah (kepada orang lain) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri) tanpa perhitungan.” (Shaad: 39).Yakni kamu boleh memberikannya atau tidak memberikannya kepada siapa yang kamu kehendaki, tidak ada perhitungan sama sekali atas keputusan yang kamu pilih. Setelah memberikan semua kelebihan, kenikmatan, dan kekuasaan itu, lalu Allah juga memberikannya kebebasan.

    Maknanya, Sulaiman diberikan kebebasan untuk bertindak semaunya terhadap harta yang telah diberikan kepadanya. Sebab Allah telah mengizinkannya berbuat demikian, tanpa ada dosa. Berbeda halnya dengan Rasulullah, beliau tidak diperbolehkan memberikan apapun kepada orang lain tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Allah.

  4. “Dan sungguh, dia mempunyai kedudukan yang dekat pada sisi Kami dan lempar kembali yang baik.” (Shaad: 40).Kemudian, setelah Sulaiman diberikan kebebasan dan kenikmatan duniawi oleh Allah, ia juga dijanjikan pahala yang besar dan ganjaran yang baik di akhirat nanti. la akan didekatkan kepada Allah serta mendapatkan penghormatan dan kejayaan di Hari Perhitungan.

Keputusan Nabi Muhammad Atas Suatu Pilihan

Nabi Muhammad memang sebelumnya telah diberikan dua pilihan, antara dunia dengan akhirat. Namun Nabi lebih memilih kesenangan dan kenikmatan di akhirat. Pada riwayat lain disebutkan, bahwa Malaikat Jibril lah yang mengisyaratkan kepada Nabi. Agar beliau memilih menjadi seorang hamba dan seorang Rasul yang tawadhu’.

Namun demikian, Allah memberikan kekuasaan dan kerajaan yang besar bagi orang-orang yang datang setelah beliau hingga hari akhir. Sehingga sekelompok umatnya yang selalu mengikuti ajarannya akan selalu muncul di permukaan sampai Hari Kiamat tiba. Segala puji dan syukur hanya bagi Allah.

Kisah tentang Keistimewaan Nabi Sulaiman ini dikutip dari sumber terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan kevalidannya. Silahkan Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan pengetahuan sejarah Para Nabi yang mungkin belum anda ketahui secara mendalam.

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Kisah Nabi Adam

Ulum
7 min read

Yusuf Dimasukkan Sumur

Ulum
4 min read