Kata Kata Kopi

Kata Kata Kopi

Kata Kata Kopi – Ngopi bukanlah kegiatan yang terbilang asing di telinga orang indonesia. Bahkan, ada sebagian orang yang menjadikan ngopi sebagai tradisi yang terjadwalkan secara rutin. Kini, kopi bukanlah minuman yang cuma digemari orangtua saja. Kopi sudah merebak menjadi bagian hidup semua kalangan, mulai dari yang muda sampai yang tua.

Kopi merupakan minuman istimewa, secangkir kopi bisa memberikan begitu banyak arti. Bagi para penikmat kopi, pahit manisnya kopi menyiratkan kenikmatan dan makna tersendiri. Pahit manis kopi ibarat anugerah dan kendala hidup. Jika disikapi dengan positif, perpaduan keduanya malah akan menambah citarasanya makin terasa nikmat.

Kopi butuh rasa pahit agar sensasi rasanya kian tambah sedep. Jika terlalu manis, esensi kopi malah berkurang. Perpaduan rasa manis dan pahit yang pas akan membuat kopi semakin nikmat untuk disesapi. Sama dengan hidup, ada kejadian pahit yang terasa begitu getir dan manis yang membuat hidupmu jadi lebih terasa indah.

Jika dipertemukan dalam cangkir-cangkir hati, kedua rasa tersebut akan menghasilkan kombinasi yang proporsional. Dalam hidup, diperlukan juga rasa pahit agar kamu tahu kalau hidup ini tak selalu indah, tak selalu sesuai dengan perencanaan-perencanaan. Namun dibalik rasa pahit, tersembunyi sebongkah hikmah yang terasa begitu manis.

Riwayat Perjalanan kopi

Riwayat Perjalanan Kopi

Kopi adalah tanaman perkebunan, pertama dikenal oleh Suku Gala di Afrika Timur. Tanaman ini lantas merebak ke seantero dunia, menjadi pemantik Revolusi Negeri Perancis dan gerakan-gerakan politis lainnya di belahan bumi Eropa.

Pada tahun 1700-an, kopi jawa(Arabika) berhasil menguasai pasar kopi dunia. Kopi Nusantara tersebut sangat populer dan menjadi komoditas ekspor utama kolonial belanda. Saking punya pengaruhnya, kopi sampai menginspirasi seorang programmer. Sehingga terciptalah “javasript” dengan logo cangkir komplit dengan kepulan asap. Programmer tersebut rupanya terinspirasi dengan nikmatnya kopi java, yang setia menemaninya begadang disetiap malam.

Kopi juga menjadi barang komoditi yang laris manis di Bali. Bahkan perdagangan kopi di bali sudah terjadi sebelum Abad XVI melalui perkongsian kerajaan Mengwi dengan pedagang-pedagang candu dari Tiongkok.

Dari life style, kopi ditafsiri sebagaii ikon baru yang kaya nilai. Cerita kopi lantas dihadirkan menjadi sebuah narasi besar, semacam menandai kelahiran ‘ideologi’ baru: nasionalisme gaya baru dengan slogannya ‘stand of greatness’. Siapapun bisa mengaku nasionalis jika mengonsumsi kopi produksi dalam negeri. Beberapa tahun terakhir, di Indonesia booming buku Filosofi Kopi diikuti pula dengan booming film-nya yang turut mengonstruksi narasi besar kopi hari ini.

Kata Kata kopi dirunut dari Jati Dirinya

Kata Kata Kopi Dirunut Dari Jati dirinya

  • Kopi itu legam. Selegam malam. Kau tak perlu takut menghadapinya. Sikap positifmu yang dewasa akan mencahayai gelap malam-malammu.
  • Meski pahit, kopi itu nikmat. Serupa dengan hidup. Jika pahit mampu engkau sesapi utuh, maka utuhlah hidupmu.
  • Di tiap biji kopi yang terbelah, kita akan temukan sap-sap, lapis-lapis, bilah-bilah. Dan bermuara pada satu kandung lembaga. Titik pusat. Dalam hidup, kita pasti akan menemukan lapis-lapis hambatan. Tapi ingat, selalu ada inti untuk menyelesaikannya.
  • Pilih biji kopi terbaik untuk mendapatkan secangkir kopi yang nikmat. Jika ingin hasil yang terbaik, pilihlah jalan terbaik untuk menggapainya.
  • Kopi memiliki beragam jenis yang bisa menghasilkan citarasa dan kenikmatan yang berbeda-beda. Dari keunikan itu kita bisa belajar tentang kehidupan. Layaknya kopi, manusia pun memiliki keunikannya masing-masing. Jangan dipaksa seragam untuk segala hal.
  • Menikmati secangkir kopi tak boleh tergesa-gesa. Perbuatan terburu-buru akan menyirnakan tabiat kopi. Hirup aromanya dan sesapi dengan perlahan. Begitu juga dengan hidup, nikmati saja setiap prosesnya dengan benar.
  • Untuk menghasilkan secangkir kopi yang nikmat nan sedap, ada perjalanan panjang yang harus dilaluinya. Perjalanan dan proses yang panjang tersebut tidak akan mengkhianati hasil yang bakal didapat. Begitu pula dengan kehidupan, perlu kerja keras dan proses yang tak sebentar untuk menggapai sebuah impian.
  • Biji kopi harus dijemur dan digiling sebelum dapat dinikmati. Sama halnya dengan hidup, kamu harus dijemur dan digiling dengan cobaan-cobaan yang begitu berat agar mentalmu menjadi kuat.
  • Pahit-manis pada kopi ibarat suka dan duka dalam hidup. Jika disyukuri dengan penuh ketulusan, perpaduan keduanya makin akan menambah kenikmatan rasanya.

Kata Kata Kopi dari Peracikan Sampai Penyeduhan

Kata Kata Kopi Dari Proses Peracikan Sampai Penyeduhan

  • Sepahit-pahitnya kopi, bisa dibikin manis/legi yang bisa diartikan legowo ing ati atau ikhlas sepenuh hati atau berlapang dada dihati. Caranya diberi gula/Gulangane Roso atau Mengelola perasaan. Gula berasal dari tebu, maknanya anteb Ning kalbu atau mantap didalam keyakinan hati.
  • Kesemuanya itu diwadahi cangkir, yang artinya nyencang pikir atau menali pikiran agar kuat menghadapi bermacam-macam kesulitan.
  • Kopi yang sudah disiram air matang akan menjadi wedang. Wedang diartikan sebagai ngawe kadang atau memanggil saudara, sehingga memperoleh wejangan sing marai Padang / nasehat yang mencerahkan.
  • Jangan lupa untuk diaduk/diudheg, usahane Ojo nganti mandeg atau setiap usaha jangan sampai berhenti.
  • Mengaduknya menggunakan sendok, sendhekno marang Gusti Pengeran atau pasrahkan segala hal yang sudah diusahakan kepada Tuhan
  • Tunggulah agar agak adem, ati digowo lerem atau tentramkan hati jangan terlena kepada dunia
  • Barulah bisa diseruput atau sedoyo rubedo bakal luput, segala godaan akan terhindar.

Petuah Tersembunyi Kopi

Petuah

  • Kopi bermakna Kon piknik atau suruh refreshing agar masalah dapat dituntaskan dengan baik. Jika hati sudah terhibur dengan suasana yang menggembirakan, sebuah masalah akan segera menemui akhir. Masalah akan tercabut sampai ke akar-akarnya.
  • Ngopi selain dapat bermakna ngopeni pikiran atau memelihara kinerja akal, bisa juga bermakna ngopo dipikir atau kenapa pula dipikir. Karena segala sesuatu sudah diatur sama Tuhan, tinggal dijalani saja seoptimal mungkin. Karena kebanyakan masalah berawal dari pikiran manusia itu sendiri yang seringkali menakuti sehingga langkah-langkah menjadi terhenti.
  • Jalanilah kehidupan seperti menikmati secangkir kopi, minumlah secara perlahan dan nikmatilah semua yang dapat dinikmati, maka kau akan mengetahui apa yang sedang terjadi.
  • Menjadilah tegar, rendah hati, sakti mandraguna serupa bunga kopi. Ia akan mekar di waktu yang tepat dan kehendak yang tak ketat.
  • Kelopak bunga kopi hanya akan luruh pelan-pelan dan menjadi buah manakala rintik hujan tabah dileram cahaya mentari.
  • Didalam perut bumi sana, akar-akar pohon kopi akan menuju pusat. Sementara tangkup-tangkup dedaunan yang baru tumbuh, senantiasa menghadap sumber cahaya. Keduanya saling berseberang arah, namun bertujuan satu. Bermisi sama.
  • Tabiat kopi adalah pahit, tapi tak pernah sekalipun ia menolak dibersamai gula. Saat dirimu tahu sedang melakukan kepahitan dosa, lantas diberikan manisnya nasehat, maka terimalah selapang jiwa.

Epilog Artikel Kata Kata Kopi

Epilog Artikel Filosofi Kopi

Kopi merupakan minuman khas yang biasanya diminum pagi hari sambil menikmati suasana sejuknya suasana pagi dengan mendengarkan ocehan burung perkutut maupun suara ocehan alam, sungguh hal ini merupakan kebiasaan yang dahulu dilakukan para kanjeng atau ndoro-ndoro jaman kerajaan dahulu, dan sekarang masih banyak yang meniru dan menikmatinya. Dengan menyeduh kopi, dirimu serasa menjadi orang besar yang sukses.

Kopi itu tombo ngantuk. Tombo ngelu, tombo kangen juga. Kata kata kopi ini bisa kamu jadikan motivasi ampuh dalam menjalani hidup. Rasa pahit dan manis kopi ternyata memiliki arti yang sedemikian mendalam. Jadilah seperti kopi pagi. Walaupun tersaji sendiri, namun mampu memberikan ketenangan dan inspirasi tanpa henti.

Kopi itu adalah kamu…
Kamu adalah aku…

4 tanggapan pada “Kata Kata Kopi”

Tinggalkan Balasan