Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Istri Nabi Sulaiman

1 min read

Istri Nabi Sulaiman

Istri Nabi Sulaiman – Kali ini kami akan menyajikan menu bacaan yang akan mengupas secara rinci tentang istri-istri yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman. Disini kami juga akan memberikan cerita mengenai lupanya nabi sulaiman mengucapkan insya Allah saat hendak berhubungan dengan istri-istri beliau. Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan Kisah detail Para Nabi.

Istri Nabi Sulaiman

Sejumlah ulama telah menyebutkan, bahwa Sulaiman memperistri seribu orang wanita, tujuh ratus wanita merdeka dan tiga ratus wanita selir. Namun ada juga yang menyebutkan kebalikannya, yakni tujuh ratus wanita selir dan tiga ratus wanita merdeka. Pada intinya, Nabi Sulaiman diberikan anugerah kekuatan yang sangat luar biasa dalam perhubungannya dengan kaum wanita.

Ishaq bin Bisyr meriwayatkan, dari Muqatil, dari Abu Zinad, dari Ibnu Abi Zinad, dari ayahnya, dari Abdurrahman, dari Abu Hurairah. Bahwasanya Sulaiman bin Dawud memiliki empat ratus orang istri dan enam ratus orang selir.

Nabi Sulaiman Lupa Mengucapkan Insya Allah

Imam Bukhari meriwayatkan,[1] dari Khalid bin Makhlad, dari Mughirah bin Abdirrahman, dari Abu Zinad, dari A’raj, dari Abu Hurairah dari Nabi. Beliau bersabda, “Sulaiman bin Dawud pernah berkata, “Malam ini aku akan mendatangi tujuh puluh orang istriku. Setiap wanita dari mereka akan melahirkan satu orang pejuang untuk berjihad di jalan Allah.” Lalu seseorang berkata kepadanya, “(Ucapkanlah) Insya Allah (jika Allah berkehendak)”. Namun Sulaiman lupa mengucapkannya, hingga dari ketujuh puluh wanita itu hanya satu orang yang hamil, dan ia melahirkan seorang anak yang pincang kakinya.”

Kemudian Nabi berkata, “Kalau saja Sulaiman mengucapkannya (yakni kalimat insya Allah), maka para wanita itu pasti akan hamil semuanya. Dan melahirkan para pejuang untuk berjihad di jalan Allah.” Pada riwayat lain dari Syu’aib dan Ibnu Abi Zinad menyebutkan, “Sembilan puluh orang istriku.” dan riwayat ini lebih shahih. Hadits dengan sanad tersebut hanya diriwayatkan oleh Imam Bukhari saja.

Imam Ahmad meriwayatkan,[2] dari Husyaim, dari Hisyam, dari Ibnu Sirin, dari Abu Hurairah. Nabi Muhammad pernah bersabda, “Sulaiman bin Dawud pernah berkata, “Malam ini aku akan mendatangi seratus orang istriku. Setiap wanita dari mereka akan melahirkan satu orang anak yang akan berjuang di jalan Allah.” Namun Sulaiman lupa untuk mengecualikan perkataannya (yakni mengucapkan insya Allah), hingga hanya satu orang saja yang melahirkan anak, itu pun hanya separo manusia.” Lalu Abu Hurairah berkata, “Rasulullah bersabda, “Kalau saja Sulaiman mengecualikan perkataannya, maka ia akan mendapatkan seratus orang anak. dan semuanya akan berjuang di jalan Allah.”

Hadits dengan sanad ini juga hanya diriwayatkan oleh Imam Ahmad saja.

Imam Ahmad juga meriwayatkan,[3] dari Abdurrazzaq, dari Ma’mar, dari Ibnu Thawus, dari ayahnya, dari Abu Hurairah. Ia berkata, Rasulullah bersabda, “Sulaiman bin Dawud pernah berkata, “Malam ini aku akan mendatangi seratus orang istriku. Setiap wanita dari mereka akan melahirkan satu orang anak yang akan berjuang di jalan Allah. “Namun Sulaiman lupa untuk mengucapkan insya Allah. Kemudian malam itu ia mendatangi seratus istrinya itu. Tapi tidak ada yang hamil kecuali satu wanita saja, dan wanita itu melahirkan setengah manusia.” Lalu Nabi bersabda, “Kalau saja Sulaiman mengucapkan kalimat insya Allah, maka maksudnya tidak akan ditolak dan pasti akan tercapai.”

Referensi Kisah Istri Nabi Sulaiman

[1] Shahih Bukhari, Bab Kisah Para Nabi (3424)
[2] Musnad Ahmad (2/229)
[3] Musnad Ahmad (2/275)

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Kisah Nabi Adam

Ulum
7 min read

Keistimewaan Nabi Sulaiman

Ulum
1 min read

Yusuf Dimasukkan Sumur

Ulum
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *