Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Istana Kaca Nabi Sulaiman

1 min read

Ilustrasi Istana Kaca Nabi Sulaiman

Istana Kaca Nabi Sulaiman – Tentu kalian akan membayangkan betapa megahnya istana Nabi Sulaiman ini. Sepanjang sejarah dan sesuntuk kehidupan di dunia, tiada satu istana pun yang kemewahannya dapat menyaingi istana Nabi Sulaiman. Bagaimana proses pembuatannya? Siapa arsiteknya? Silahkan selami cakrawala wawasan di bawah ini.

Pembangunan Istana Kaca Nabi Sulaiman

Ketika mengetahui bahwa Ratu Balqis akan datang, Sulaiman segera memerintahkan bangsa jin untuk membangun sebuah istana yang terbuat dari kaca,. Bahkan atapnya pun juga harus terbuat dari kaca. Ia juga memerintahkan agar di bawah lantai istana itu dibangun sebuah kolam air yang besar, seluas istananya. Lalu kolam itu diisi dengan berbagai jenis ikan dan hewan-hewan air lainnya.

Setelah selesai, Nabi Sulaiman pun mengundang Ratu Balqis untuk datang ke istana tersebut. Sementara ia duduk di atas singgasananya, Ratu Balqis dipersilahkan untuk melihat-lihat sekeliling istana. Maka ketika Ratu Balqis melihat lantai istana itu, dikiranya ada kolam air yang besar, disingkapkannya (penutup) kedua betisnya.

Kemudian Nabi Sulaiman berkata, “Sesungguhnya lantai istana ini hanyalah dilapisi kaca.” Lantas Ratu Balqis Mengatakan, “Ya Tuhanku, Aku telah berlaku dzolim kepada diriku sendiri. Aku menyerahkan diriku kepada Allah Tuhan seluruh alam bersama Nabi Sulaiman”.

Kecemasan Kaum Jin

Diceritakan, bahwa bangsa jin ingin membentuk kesan jelek pada pikiran Sulaiman terhadap Balqis, dengan membuat Balqis memperlihatkan kakinya di hadapan Sulaiman, sebab kaki Balqis dipenuhi dengan bulu-bulu. Maka dengan terangkatnya kaki Balqis itu, mereka meyakini Sulaiman tidak akan menyukainya.

Bangsa jin merasa khawatir Sulaiman akan menikahi Balqis, sebab ibunda Balqis adalah keturunan bangsa jin. Dan jika Sulaiman benar-benar menikahinya, maka Sulaiman akan memiliki kekuasaan yang lebih besar terhadap bangsa jin.

Bahkan dikatakan, kuku pada jari jemari kaki Balqis mirip dengan kuku hewan. Namun riwayat ini lemah, dan riwayat sebelumnya pun diragukan kebenarannya. Hanya, dikatakan pula, ketika Sulaiman hendak menikahi Balqis dan mengharapkan agar bulu-bulu tersebut dicukur terlebih dahulu, ia bertanya kepada orang-orang yang dikenalnya. Nabi Sulaiman menanyakan bagaimana cara mencukur bulu-bulu itu. Lalu mereka menyarankan agar Sulaiman menggunakan pisau cukur, namun Balqis menolak untuk menggunakannya.

Lalu Sulaiman beralih kepada bangsa jin dan bertanya kepada mereka tentang cara mencukurnya. Lalu bangsa jin membuatkan murah (sejenis kapur yang dicampur hingga dapat menghilangkan bulu). Lalu ramuan itu diletakkan di dalam bak kamar mandi. Namun orang pertama yang masuk ke dalam kamar mandi itu malah Nabi Sulaiman. Ketika Sulaiman menggunakan air di dalam bak itu, maka ia pun berteriak, “Aduh, aduh, apa ini.” Riwayat ini disebutkan oleh Thabarani secara marfu’, namun riwayat ini diragukan kebenarannya.

Ats-Tsa’labi dan ulama lain meriwayatkan, bahwa ketika Sulaiman menikahi Balqis, ia mengembalikannya ke kampung halamannya dan menempatkannya di Kerajaan Yaman. Sulaiman mengunjunginya tiga hari setiap sebulan sekali. Kemudian Sulaiman juga memerintahkan bangsa jin untuk membangun tiga buah istana di Yaman, yaitu Istana Gumdan, Salihin, dan Baitun. Wallahu a’lam.

Ibnu Ishaq meriwayatkan, dari seorang ulama, dari Wahab bin Munabbih, yang menyebutkan bahwa Sulaiman tidak menikahi Balqis, melainkan menikahkannya dengan Raja Hamdan, lalu menempatkannya di kerajaan Yaman dan memberikannya Zauba’ah, raja jin, untuk wilayah Yaman. Lalu Zauba’ahlah yang membangun tiga istana yang disebutkan pada riwayat sebelumnya, Namun riwayat pertama lebih nyata dan lebih diunggulkan. Wallahu a’lam.

Kisah Istana Kaca Nabi Sulaiman ini kami interpretasikan dengan tunjangan dari berbagai sumber terpercaya. Silahkan Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan berbagai kisah mendalam yang mungkin belum anda ketahui. Terimakasih bagi yang sudah berkunjung.

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Kisah Nabi Adam

Ulum
7 min read

Keistimewaan Nabi Sulaiman

Ulum
1 min read

Yusuf Dimasukkan Sumur

Ulum
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *