Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Cara Membuat Abstrak

2 min read

Cover Cara Membuat Abstrak

Cara Membuat Abstrak – apa sih abstrak itu?

Abstrak adalah tulisan sederhana yang tidak begitu panjang dengan jumlah kata yang sudah ada pembatasan. Abstrak merupakan tulisan rangkuman atau intisari dari suatu Karya Tulis Ilmiah, Tugas Akhir, Paper atau Skripsi. Metodologi pembuatan abstrak meliputi keseluruhan bagian dari penelitian yang telah dilakukan. Secara umum keberadaan abstrak berfungsi sebagai bahan tinjauan umum bagi orang lain.

Biasanya, abstrak dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa pembuat dan bahasa Inggris (bahasa general). Penggunaan dwi bahasa ini dimaksudkan supaya hasil karya dapat digunakan oleh 2 pihak sekaligus. Yakni orang-orang dalam maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar tempat laporan penelitian tersebut dibuat. Dalam penyusunan karya ilmiah, penulisan abstrak sangatlah penting. Bahkan harus ada. Karena Abstrak merupakan representasi singkat dan tepat dari sebuah muatan dokumen yang mencakup semua hal yang penting dari dokumen asli. Dan biasanya, alur penulisan Abstrak selalu mengikuti gaya dan susunan seperti dokumen aslinya. Tujuan abstrak adalah untuk menangkap isi dokumen yang esensial sehingga dalam waktu singkat pembaca dapat mengetahui informasi yang terdapat dalam dokumen.

Dua konsep Cara Membuat Abstrak

Dua konsep Cara Membuat Abstrak

  1. Keringkasan (conciseness)
  2. keberartian (significance)

Syarat Cara Membuat Abstrak

Syarat Cara Membuat Abstrak

  1. Jelas
  2. Tepat
  3. Komprehensif
  4. Tidak terikat (independent)
  5. Tidak dimaksudkan untuk memberikan kritik terhadap Karya Ilmiah.

Pembuat abstrak

Pembuat Abstrak

Pembuatan abstrak dapat dilakukan oleh:

  1. Penulis (author)
    Penulis merupakan orang yang paling mengetahui isi Karya Ilmiah sehingga diharapkan dapat memilih bagian-bagian terpenting dalam Karya Ilmiah yang harus dituangkan dalam abstrak.
  2. Pengabstrak (abstractor)
    Adapun yang dapat bertindak sebagai pengabstrak adalah orang yang mempunyai pengetahuan yang memadai tentang subjek Karya Ilmiah yang akan dibuatkan abstraknya dan memahami metode pembuatan abstrak.

Fungsi Abstrak

Fungsi Abstrak

Sebagai miniatur Karya Ilmiah, abstrak berfungsi sebagai berikut:

  • Sebagai petunjuk kepada isi Karya Ilmiah. Hal ini dimaksudkan lebih memudahkan mengetahui hasil sebuah karya tanpa harus membaca muatan keseluruhannya.
  • Untuk mengetahui cakupan isi Karya Ilmiah dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga dapat memutuskan apakah Karya Ilmiah yang bersangkutan relevan atau tidak dengan yang diinginkan, dan dapat memutuskan apakah ia perlu atau tidak untuk membaca Karya Ilmiah lengkapnya.
  • Untuk memungkinkan membaca literatur dalam jumlah yang besar. Hal ini akan sangat memberikan manfaat untuk menghindari terjadinya duplikasi dalam penelitian dan pengembangan sebuah literasi.
  • Sebagai informasi kepada publik perihal hasil penelitian yang telah dibuat.
  • Lebih mudah dimasukkan kedalam jaringan internet karena hanya berupa penjelasan satu halaman saja.

Cara Membuat Abstrak

Cara Membuat abstrak

Abstrak merupakan penyajian singkat atau intisari mengenai paper, sedikit pemaparan mengenai isi dari pembahasan suatu karya tulis. Abstrak berfungsi untuk memberikan penjelasan secara singkat agar pembaca mengetahui sedari awal tentang apa yang akan dibahas.

Kaidah Penulisan Abstrak

Kaidah Penulisan Abstrak

Beberapa kaidah dalam contoh penulisan abstrak yang perlu dipahami saat akan membuat abstrak antara lain :

1. Latar Belakang
Kaidah pertama yang harus dipenuhi saat akan membuat abstrak adalah dengan memasukkan latar belakang dari permasalahan serta latar belakang yang dihadapi oleh peneliti. Dengan adanya latar belakang peneliti akan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalah yang menjadi latar belakang penelitian yang dilakukan.

2. Metode Atau Pendekatan Masalah
Menjabarkan secara ringkas dan padat jenis metoode penelitan yang dilakukan dalam melakukan penelitian. Dengan demikian, peneliti akan mengetahui bagaimana cara dan langkah yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

3. Hasil Penelitan
Menjabarkan hasil penelitian yang dilakukan pun menjadi kaidah yang harus dijabarkan terkait dengan penelitian yang dilakukan. Hal ini akan menjadi salah satu rujukan yang akan diperhatikan oleh pembaca terkait penelitian yang dilakukan terkait latar belakang yang dihadapi dengan menggunakan metode yang dupakai apakah dapat menyelesaikan permasalahan yang diteliti.

4. Kesimpulan
Kesimpulan mejadi penutup didalam kaidah cara membuat abstrak yang baik. Dengan melampirkan kesimpulan akan dapat diketahui bahwasanya penelitian yang telah dilakukan apakah dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Tips Membuat Judul Karya Tulis Penelitian

Tips Membuat Judul Karya Tulis

Sebelum pembuatan abstrak, sebuah karya tulis harus memiliki judul. Berikut merupakan tips membuat judul karya tulis penelitian (paper) yang baik dan benar:

  1. Harus menarik
  2. Tidak menggambarkan hasil penelitian
  3. Penelitiannya simpel dan tidak sulit
  4. Literaturnya mudah didapatkan
  5. Tidak ada singkatan didalam judul
  6. Novelty / kebaruannya
  7. Tidak terlalu panjang
  8. Tidak mengandung istilah yang kurang bisa dipahami
  9. Tidak mengandung sara

Struktur Rangkaian

Struktur Rangkaian

Setelah judul didapatkan barulah pembuatan abstrak. Pada sebuah abstrak terdapat beberapa rangkaian penjelasan dalam satu paragraph yang isinya terdiri dari:

  • Tujuan (dalam 1 kalimat)
  • Experimental Method (dalam 1-2 kalimat)
  • Hasil (dalam 2-3 kalimat)
  • Pembahasan (dalam 1-2 kalimat)
  • Kesimpulan dan Impact (dalam 1-2 kalimat)

Fokus Poin Cara Membuat Abstrak

Fokus Poin Cara Membuat Abstrak

Adapun hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan abstrak diantaranya:

  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan penggunaan grammar yang tepat.
  • Jumlah kata dalam satu paragraph sekitar 200.
  • Mengenai lokasi tidak perlu detail karena akan dibahas dalam bab selanjutnya.
  • Hasil olahan statistik/ matematika tidak perlu dicantumkan.

Demikian cara membuat abstrak paper yang baik dan benar. Kunjungi Sepatumerah.net untuk mendapatkan pengetahuan penting lainnya. Selamat membaca dan semoga wawasan pengetahuan kita semakin mencakrawala.

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Cara Melaporkan Kecurangan / Penipuan di Aplikasi Steam

Cara Melaporkan Kecurangan / Penipuan di Aplikasi Steam – Steam adalah software atau sebuah platform yang fokus kinerjanya berkutat pada aspek dunia game. Banyak...
Ulum
1 min read

Cara Membuat CV

Ulum
2 min read