Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Arti Pernikahan Bagi Sepasang Kekasih

9 min read

Cover Pernikahan

Pernikahan berawal dari gericik cinta. Cinta adalah sepenggal kata yang sangat spesial dalam bahasa manapun. Cinta bisa mempunyai arti yang religius bagi para sufi. Cinta juga dapat bermakna mekanis bagi para pebisnis. Cinta selalu bisa menyesuaikan diri dalam pendevinisian sesuai harapan-harapan berbagai profesi.

Cinta merupakan ungkapan sukma terhadap gelora rasa yang ada di kedalaman jiwa manusia. Bila dirunut dalam sejarah peradaban cinta, ternyata manusia memiliki beragam penjabaran tentang cinta. Penjabaran tersebut bergantung pada bagaimana cinta itu merobek-robek hati dan dirinya.

Status manusia sebagai makhluk sosial pasti akan membuatnya tidak betah hidup sendiri. Pada dasarnya, sejiwa manusia selalu ingin menemukan seseorang yang bisa menemaninya. Kapan saja dan dimana saja. Jika pernikahan belum memungkinkan bagi dirinya, maka pacaran adalah jalan nekat yang bakal ditempuhnya.

Padahal, cinta sejati akan muncul disaat euforia jatuh cinta mulai pudar. Cinta sejati membutuhkan usaha perjuangan, kedisiplinan, dan kedewasaan agar mampu tumbuh. Dari situ jelas, bahwa segala upaya yang dilakukan sebelum menikah adalah kegiatan ilegal dan berdampak fatal.

RINGKASAN MENU

Macam-macam Bahasa Cinta

  • Kata-kata dukungan (Words of Affirmation)
    Bagi sebagian orang, kata-kata yang berposisi sebagai pendukung rasa adalah sesuatu yang sangat berarti, seperti halnya ucapan, ”kekasih, aku mencintaimu”, “Tenanglah sayang, aku milikmu”, “Separuh jiwaku, parasmu meneduhkanku”. Kata-kata ini walaupun terlihat sederhana, tapi akan membuatnya merasa sangat dicintai. Tentu saja, awalnya kita harus tahu dulu hal apa yang penting bagi pasangan kita. Baru kemudian, kamu bisa memberikan dukungan.
  • Waktu yang berkualitas (Quality Time)
    Bila bagian ini adalah bahasa cinta pasanganmu, itu artinya dia hanya inginkan dirimu, dia ingin senantiasa bersamamu, dan dirimu harus sepenuhnya ada disampingnya. Kamu harus memberikan perhatian maksimal saat bersama dengannya.
    Kamu musti bisa mendengar seluruh ceritanya dengan penuh empati, kamu harus mampu menatap sorot matanya dengan dalam, dan juga melakukan aktivitas bareng dengannya. Alangkah bagusnya jika kamu membuat jadwal rutin untuk membersamai pasanganmu setiap hari dan membicarakan keromantisan yang kuasa membuat perasaannya menjadi teduh.
  • Pemberian layanan (of Service)
    Ekspresi cinta ini mengabarkan bahwa kamu musti mampu melakukan tindakan yang jauh lebih berarti ketimbang sekedar ucapan. Pasanganmu akan sangat menghargaimu saat dirimu bisa melakukan apa yang dia inginkan. Misalnya bantuin cuci motor, Nganter dia belanja, atau bantuin beresin kamarnya.
  • Sentuhan fisik (Physical Touch)
    Untuk orang yang masuk kategori ini, tidak ada satupun hal yang lebih bermakna melebihi sebuah sentuhan. Inget ya, bukan berarti selalu menuju ke sentuhan seksual, tapi juga bisa sebatas gandengan tangan saat jalan bareng atau pelukan hangat saat dia sedang gelisah.
  • Pemberian hadiah (Receiving Gifts)
    Lumrahnya, pasanganmu adalah seseorang yang menyukai hadiah dan kejutan. Bukan berarti harus berupa barang mahal. Justru sesuatu yang kamu buat pake tanganmu sendiri, akan sangat berkesan baginya. Bagi pasanganmu, pemberian hadiah adalah bukti cinta. Kadang, hadirmu di saat dia butuh sandaran adalah hadiah yang berharga baginya. Jika ini adalah bahasa cinta pasanganmu, jangan sampai lupa hari ulang tahunnya atau hari-hari penting seperti tanggal jadian, tanggal pernikahan, dan lain sebagainya.

Setiap pasangan mempunyai bahasa cinta yang berbeda. Setiap orang akan mengalami pengalaman cinta yang beragam jalur, begitu juga pasangan kita. Dengan berbicara menggunakan bahasa cintanya, kita akan membuatnya merasa lebih dicintai.

Perbedaan kemesraan disaat pacaran dengan sesudah pernikahan

Menikah berarti berikrar, berucap sumpah dan saling berjanji untuk saling menjaga dan mencintai sesuntuk hayatnya. Menikah berarti susah sama susah, senang sama senang. Meski dilanda banyak momen sedih dan bahagia, sepasang suami Istri tidak akan kehilangan masa romantisnya seperti saat berpacaran. Bahkan keduanya akan berusaha lebih keras lagi untuk menunjukkan sisi-sisi romantis yang lebih dahsyat.

Semasa pacaran, hubungan yang mesra seakan jadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Pacar yang romantis adalah kriteria baku dalam mencari pasangan idaman. Asal punya pacar yang mampu menyusun kata-kata syahdu dan perhatian suka memberi kejutan di setiap momen berharga, cukup membuatmu senang bukan kepalang. Masa pacaran membuat sepasang kekasih hanya memikirkan bagaimana kebahagiaan sementara bisa terpenuhi.

Sekarang kamu boleh merasa bahwa pacarmu adalah seseorang yang paling romantis dengan sejuta kata indahnya. Namun siapa yang bisa memastikan, kalau esok lusa karakternya masih sama. Ketahuilah, setelah menikah, semua hal itu tak akan lagi kamu butuhkan. Konsep kemesraan yang kamu rancang semasa pacaran pun akan mengerdil.

Keutamaan-keutamaan Pernikahan

A. Pernikahan melancarkan rizki

Tanpa perlu penjelasan panjang lebar, realitanya pria yang sudah menikah rata- rata punya penghasilan yang lebih lancar ketimbang pria lajang. Walaupun usia dan latar belakang pendidikan keduanya sederajat. Yaa meski rejeki tidak tertukar, tapi beginilah faktanya.

B. Pernikahan menjadikan hubungan makin solid

Hubungan Semakin Solid

Percaya atau tidak, hubungan pernikahan bisa memberikan perubahan positif terhadap hubungan pacaran ke jenjang yang lebih dewasa dan serius. Kalian akan merasa lebih nyaman dan aman serta lega karena bisa saling teamwork. Tapi harus dilandasi dengan komitmen yang kokoh ya gaess.

C. Pernikahan menjadikan hemat segalanya

Pernikahan Menyebabkan Hemat

Sebuah survei menunjukkan bahwa seseorang yang lajang bisa menghabiskan lebih banyak biaya rumah tangga dibandingkan seseorang yang sudah menikah. Berpacaran dengan tempo berabad-abad, berarti sepasang remaja telah menghabiskan biaya pada 2 lokasi yang berbeda, coba dikonsolidasikan lagi ya gaess.

D. Pernikahan mampu menghentikan kebiasaan buruk

Pernikahan Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Sering nongkrong sehabis kerja? Begadang sampe pagi lalu keok seharian? Hal itu tidak akan terjadi lagi pada seseorang kalau ia sudah menikah. Banyak yang mengakui kalau kehidupannya menjadi normal stabil setelah ia menikah, terutama untuk yang doyan minum dan merokok.

E. Pernikahan mampu memperbaiki karir

Pernikahan Memperbaiki Karir

Riset menunjukkan bahwa pria yang masih lajang, sepak terjangnya lebih agresif dan gegabah minim pertimbangan. Artinya, pria yang sudah menikah dinilai lebih bertanggungjawab dan lebih bisa dipercaya, demikian ini baik buat ndongkrak prestasi karirnya.

F. Hubungan biologis yang lebih sehat

Sehatnya Hubungan Biologis

Secara otomatis, pasangan yang sudah menikah akan mempunyai kehidupan hubungan intim yang lebih sehat, baik untuk fisik maupun mental. Pasalnya, tidak ada lagi rasa khawatir ketakutan seperti hamil diluar nikah ataupun bingung menyalurkan hasrat. Cepat-cepat halalin pasanganmu ya gaess.

G. Pernikahan menjauhkan berbagai serangan penyakit

Pernikahan Menjauhkan Segala Serangan Penyakit

Sebuah studi sederhana lain juga mengabarkan bahwa seseorang yang menikah, tipis kemungkinan terserang penyakit jantung. Dengan menikah, seseorang akan punya sesosok yang setia penuh perhatian untuk menjaganya. Sehingga, dengan otomatis ia akan terdorong untuk memiliki lifestyle yang lebih sehat.

H. Biaya asuransi lebih terjangkau

Asuransi Terjangkau

Tahu nggak bro kalau program asuransi keluarga atau bundling lebih menguntungkan daripada harus beli polis individual. Makin aman dan nyaman saat ada hal-hal darurat. Makanya, segeralah hadapkan dirimu dan pasanganmu di depan penghulu.

I. Pajak penghasilan setelah menikah lebih rendah

Pajak Penghasilan Setelah Menikah

PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak untuk Wajib Pajak Pribadi itu lebih besar nominalnya dibanding bagi yang sudah berkeluarga. Dan lagi nih ya, sistem NPWP perpajakan Negara Indonesia menghitung keluarga sebagai unit kesatuan. Itu artinya, pajak sepasang kekasih yang sudah menikah akan lebih simpel dan ekonomis.

J. Bisa nyicil buat rumah

Kredit Rumah Setelah Menikah

Mimpi bergelayutan pengen punya rumah? Hal itu tidak akan terjadi lagi kalau kalian sudah menikah. Dengan menggabungkan income, kalian bisa memenuhi kualifikasi kredit yang sebelumnya cuma jadi bayang-bayang semu. Toh aset suami istri lumrahnya digabung bukan? Meski di rekening istri juga sih ngumpulnya. Heuheuheu.

K. Menikah untuk mencetak kader penerus keluarga

Mencetak Kader Penerus Keluarga

Tidak realistis kalau tujuan menikah hanya demi menyalurkan hasrat libido saja. Dengan melangsungkan pernikahan, berarti kalian punya kesempatan untuk membangun keluarga dan keturunan secara resmi. Tentu semua orang berkeinginan besar agar nama besar dan histori keluarganya tetep lestari.

L. Adanya proteksi hukum setelah dilangsungkannya pernikahan

Proteksi Hukum Setelah Menikah

Tidak ada satupun orang yang menikah untuk tujuan bercerai. Tetapi jika sudah menikah, berarti ada proteksi hukum yang berjalan, termasuk untuk tunjangan cerai, hingga hak asuh anak yang bisa sangat runyam kalau sampai terjadi. Naudzubillah.

M. Setelah adanya pernikahan, tuntutan tak lagi macem-macem

Setelah Menikah Tidak Lagi Macem-macem

Pasca menikah, Secara tidak sadar kamu dan pasanganmu akan ditempa menjadi pribadi yang tegar. Salah satu bentuk tempaan itu adalah tak ada lagi tuntutan macam-macam seperti saat masih pacaran. Kalian berdua akan sadar bahwa setelah menjadi suami istri, kalian musti bisa saling menerima apapun yang ada dalam diri pasangan.

Bagaimanapun itu, dia adalah orang yang telah kamu pilih untuk mendampingi kehidupanmu di dunia. Saat dirimu mau menjadi pacarnya, kamu hanya melihat sisi lebihnya saja. Dia baik lah, bertanggung jawab lah, karakternya menyenangkan lah, dan lain sebagainya.

Tapi ketika sudah berkomitmen untuk menjadi sepasang suami istri, kamu harus tetap menerimanya sekalipun ada kekurangan yang berseberangan denganmu. Karena hubungan yang teruji adalah hubungan yang dipertahankan mati-matian saat mengetahui kekurangan pasangannya.

N. Bahagia bisa melihatnya berada disampingmu saat awal membuka mata

Bahagia Karena Melihatnya Diawal Membuka Mata

Dulu sapaan mesra setiap pagi hanya kamu dapatkan dari hasil chatting. Dan sedikit dikasih penyedap berupa emoticon yang sesuai. Hanya dengan deretan kata dan variasi gambar seperti itu hatimu sudah riangnya bukan main. Hatimu merasa sejuk melebihi hotel berAC.

Namun kehidupan pasca menikah akan merubah segalanya. Bukan lagi cuma pake chat mesra yang dibumbui emoticon. Setelah menikah, dirimu akan melihatnya langsung sesaat setelah kamu membuka mata. Meski sederhana, kamu akan mengerti bahwa kebahagiaan ini yang justru layak kamu syukuri.

O. Setelah legalnya pernikahan, kalimat “i love you” tak lagi sesakral dulu

Setelah Pernikahan I love u Bukanlah Kalimat Sakral

Momentum pacaran membuat gerakmu dan dia terbatas. Paling-paling mentok dikata “I love you”. Itupun seringnya berupa tulisan. Sekalimat itu dulunya sudah kuasa membuat hatimu berdesir tak karuan, saking bahagianya. Serasa ragamu sudah hijrah ke surga. Eh bayangnya aja belum ternyata.

Namun setelah menikah, ungkapan perasaan tentu bisa lebih dari itu. Sepasang kekasih punya segudang cara untuk mengungkapkan rasa cintanya ke pasangan. Tak sekadar kata “I love you”. Salah satunya, dengan cara memeluknya dari belakang saat dia sedang sibuk di depan laptop. Sederhana, namun mampu menggambarkan perasaan yang syahdu luar biasa.

P. Kencan bukan lagi perkara wajib setelah pernikahan

Setelah Menikah Kencan Bukanlah Hal yang Wajib

Dulu, kalau malam minggu nggakk di ajak kencan keluar, kamu pasti akan ngambek ke pacar selama berabad-abad. Semasa pacaran, hubungan yang bahagia hanya diukur lewat seberapa sering ada pertemuan, atau seberapa sering saling tukeran hadiah. Setelah menikah, kamu akan siuman bahwa hal-hal sereceh itu bukanlah hal utama dalam sebuah hubungan.

Lebih dari itu, sepasang kekasih yang sudah resmi menikah akan merasakan kenyamanan yang didapatkan dari pillow talk sebelum mata terpejam. Pasca resminya sebuah jalinan cinta, tuntutan hidup yang melelahkan tak akan berarti lagi. Asalkan pasangan setia disisi, segala keluh kesah lari kocar-kacir berpamitan.

Q. Pernikahan membuat segala hal lebih menjanjikan

Pernikahan Membuat Segala Hal Lebih Menjanjikan

Menikah tentunya bakal membuatmu dan dia lebih realistis. Dan akan mengerti bahwa ternyata ada banyak hal yang hanya perlu dijalani saja, tanpa perlu dijanjikan terlalu melangit. Pernikahan mengajarkan untuk bisa menjadi pribadi yang bisa menjalani apa yang ada di depan mata dengan sikap dewasa.

Namun bukan berarti berjalan tanpa planing rencana. Justru dengan janji-janji semu yang tak ada lagi, sepasang suami istri akan jadi lebih realistis dalam menyusun rencana. Bahkan rencana yang di susun akan ditakar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

R. Fokus kebahagiaan setelah pernikahan adalah pendampingan tanpa henti

Pendampingan Tiada Henti Setelah Pernikahan

Keromantisan dan kemesraan sering disangkut pautkan dengan sebuah kejutan dan kado setiap kali ada momen spesial. Lalu berlomba cepet-cepetan memposting ke sosial media tentang hadiah yang barusan diberikan pacarmu. Kegiatan norak ini hanya untuk memamerkan ke banyak orang bahwa kamu memiliki pacar yang sedemikian romantis.

Pernikahan pada akhirnya bisa mengubah pola pikir yang sedangkal ini. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi setelah berumah tangga, fokus romantis dan bahagia bukan lagi tentang kado apa yang akan diterima di momen spesial. Tapi lebih ke soal pendampingan tanpa henti. Bagaimana dia yang tetap tulus setia mendampingimu dengan bagaimanapun kondisinya.

Tips agar pernikahan langgeng dipenuhi kebahagiaan

A. Pasca menikah, harus bisa menjalin komunikasi dengan baik

Menjalin Komunikasi yang Baik Setelah Menikah

Percakapan adalah irama detak jantung yang tercipta dari hubungan apapun. Komunikasi adalah sistem yang paling memungkinkan untuk mengekspresikan cinta dan perhatian. Membangun komunikasi yang baik ke pasangan akan sangat membantu agar terwujud suasana saling memahami. Sekaligus berguna untuk mengetahui bahasa cinta satu sama lain.

Komunikasi adalah item yang memungkinkan sepasang kekasih melewati rintangan. Dengan mengekspresikan perasaan, mereka akan mampu menyelesaikan segala macam penghalang yang datang menghambat. Komunikasi juga berfungsi sebagai perekat yang menyatukan semua jenis hubungan asmara.

Ini merupakan hal pokok karena memahami bahasa cinta adalah salah satu rahasia pernikahan yang akan menghasilkan kebahagiaan dan kepuasan. Tanpanya, pernikahan pasti akan hancur terberai begitu pasangan menghadapi masa-masa sulit.

B. Saling menghargai satu sama lain

Saling Menghargai Satu Sama Lain

Terkadang ketika orang sudah resmi menikah dan menjalani kehidupan, hubungan mereka menjadi biasa-biasa saja. Ini adalah kondisi yang harus dihindari setiap saat karena dapat membuat citra pernikahan yang dulunya membayang indah menjadi menjenuhkan.

Untuk menghindari hal seperti ini, pastikan sapasang kekasih saling memberikan apresiasi setiap hari. Jadikan apresiasi tersebut sebuah kebiasaan yang akan berkembang menjadi semacam tradisi terpuji dalam ikatan pernikahan.

Menghargai pasangan adalah cara yang harus di upayakan agar mendapatkan banyak kebahagiaan. Untuk menunjukkan penghargaan, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sederhana sekalipun, seperti mengucapkan terimakasih, memberikan sanjungan, hadiah, dan kata-kata penghibur disaat pasangan sedang sedih.

C. Jadilah pendengar yang baik setelah resmi menikah

Jadilah Pendengar yang Baik setelah Pernikahan

Mau mendengarkan akan menghasilkan banyak kebaikan. Ada perbedaan signifikan antara mendengar dan mendengarkan, karena mendengarkan adalah skill keterampilan yang tidak dimiliki semua orang. Mendengarkan bukan hanya menyimak apa yang dikatakan, tetapi juga mampu menguraikan hal-hal yang tidak terkatakan. Mendengarkan melibatkan hati dan bukan hanya telinga.

Jika dirimu bukan pendengar yang baik, pernikahan akan mengalami problem dan mengarah pada pernikahan yang tidak bahagia. Tanpa bisa saling mendengarkan, batin sepasang kekasih akan terputus sehingga terjadilah suasana keluarga yang broken.

D. Senantiasa bersikap jujur dan terbuka

Senantiasa Jujur dan Terbuka

Kejujuran adalah hal yang bernilai terbaik dalam pernikahan. Menyembunyikan sesuatu apapun meski hal kecil dari pasangan, dapat merapuhkan pernikahan. Karena serapat apapun sebuah rahasia, pada akhirnya juga akan kebongkar. Kejujuran akan menuntun pasangan suami istri untuk segera menyelesaikan segala jenis konflik atau kesalahpahaman yang timbul dalam pernikahan.

Tanpa kejujuran, konflik akan semakin parah dan tak terselesaikan. Kebohongan hanya akan menciptakan mendung petir yang tak menyenangkan. Kehidupan akan menjadi tertutup kabut dan gelisah bergemuruh.

Kejujuran menjadikan sepasang suami istri senantiasa terbuka. Sehingga bisa dengan bebas mengekspresikan perbuatan, perasaan, dan pikiran satu sama lain untuk menciptakan suasana pernikahan yang bahagia.

E. Meski sudah menikah, tetaplah bersikap mandiri

Tetaplah Mandiri Setelah Pernikahan

Meski sudah dalam zona pernikahan, mandiri adalah hal yang sangat penting karena dirimu tidak bisa bahagia dengan pasangan jika hanya berdiam diri di tingkat pribadi yang pasif. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk segala jenis hubungan romantis lainnya. Menjadi mandiri berarti harus bisa mengerjakan apa-apa sendiri dan mencari waktu untuk menikmati hobi pribadinya. Bukan soal mencari nafkah sendiri lho bagi para istri.

Bersikap mandiri akan menjadikanmu sebagai pribadi yang tegar jauh dari kemanjaan. Bersikap mandiri akan menjadikanmu memiliki kontribusi positif pada ikatan pernikahan. Juga akan menjadikanmu lebih berharga dimata pasangan hidupmu.

F. Pertahankan gairah dan hasrat pasangan dalam jalinan pernikahan

Pertahankan Gairah Pasangan

Pernikahan akan gontai tanpa sebuah keintiman. Dan salah satu cara untuk mempertahankan kualias keintiman adalah dengan melakukan hubungan intim yang sewajarnya. Keintiman dalam pernikahan membuat pasangan merasa lebih dicintai dan direspon baik. Keintiman juga akan membuat sebuah hubungan menjadi semakin kuat.

Disamping keintiman s3ksual, keintiman emosional juga sangat penting dijaga kesabilannya. Karena dengan itu, memungkinkan sepasang kekasih mampu berbagi rahasia, pikiran, dan perasaan yang bisa meningkatkan grafik cintanya.

G. Dalam tangkup pernikahan, harus bisa menghormati satu sama lain

Menghormati Satu Sama Lain

Pernikahan tanpa disertai rasa hormat adalah pernikahan yang tidak sehat. Hubungan pernikahan yang tidak sehat akan melahirkan hasil yang tidak bahagia. Beberapa faktor penting dalam menciptakan rasa hormat adalah respon timbal balik dalam memberi dan menerima. Segala sesuatunya harus berjalan seimbang dan wajar.

Rasa hormat dalam pernikahan harus akomodatif dan bersifat imbal balik. Sikap menghormati pasangan merupakan pertanda bahwa dalam hubungan pernikahan tidak ada kritik yang berlebihan. Sikap menghormati harus senantiasa tercurah dalam segala kisah penuh kasih.

H. Pelajari metode berpendapat pasangan

Metode Berpendapat Pasangan

Tak peduli seberapa istimewa momen yang digelar saat meresmikan pernikahan, pasti dalam perjalanan berumah tangga akan menemui sebuah pertengkaran. Sesekali, akan timbul perselisihan. Hal ini normal. Akan ada beberapa statemen, kepercayaan, dan sikap yang berbeda dari pasangan. Ini manusiawi.

Di sinilah pemahaman metode berpendapat dari pasangan berfungsi. Argumen yang dinyatakan oleh pasangan harus di sikapi tanpa melibatkan emosi. Jika menyatakan ketidaksetujuan memang diperlukan, maka sampaikan secara baik-baik. Jangan sampai karena beda pendapat lantas menghasilkan pertengkaran yang tak sampai berhasil di selesaikan. Sepasang kekasih harus saling menghormati sudut pandang satu sama lain.

I. Berkompromi dengan baik satu sama lain

Kompromi Satu Sama Lain

Pernikahan akan menjadi sesuatu yang bahagia manakala didalamnya menampung aspirasi, ada kompromi. Jika sepasang suami istri adalah pasangan yang berbeda selera, Artinya segala sesuatu keputusan harus melewati tahap perembukan.

Tidak boleh ada pendapat yang langsung dijadikan keputusan tanpa melewati filter musyawarah. Belajar berkompromi dengan pasangan akan menimbulkan kesan dipentingkan dan dihargai. Sehingga, pernikahan akan menjadi hubungan yang sehat dan bahagia.

J. Belajar saling menerima

Belajar Saling Menerima Setelah Pernikahan

Poin ini sangat penting, khususnya untuk seorang cewek yang dikenal bawel dan super cerewet. Menerima dengan lapang segala apapun dari pasangan akan membawa kedamaian bagi pernikahan. Karena Ada semacam visi tidak lagi ingin mengubah satu sama lain. Penerimaan menjadikan bisa fokus pada hal-hal positif dari pasangan daripada hal-hal negatif yang tidak disukai.

Pernikahan adalah rajutan yang indah ketika disana ada sulaman cinta, pengertian, dan kepercayaan. Inilah rahasianya sebuah pernikahan akan langgeng dipenuhi kebahagiaan. Teori semacam ini sangat penting dipelajari oleh semua orang, baik untuk yang telah menikah atau yang berencana menjalani pernikahan.

Ulum Pemuda kampung berbasis Pesantren Salaf

Kata Kata Bijak Tentang Cinta

Ulum
4 min read

Cinta Sejati

Ulum
6 min read

Cerita Cinta

Ulum
3 min read

6 Replies to “Arti Pernikahan Bagi Sepasang Kekasih”

  1. Bnrr bgt tuhh..
    Indahnya pcaran stelah mnikah,..dri pda pcaran trus nikah akan mnjadikan dosa..and bisa d.ktkan wala taqrobuzzina….

    1. Enggeh mbak..
      Terimakasih atas kesetujuan pendapat yang diberikan..
      Sering-sering mengunjungi nggeh..

      1. Iya sama”
        Insya alloh nggeh kg☺..but jgan bosen kl trus ingkang komen🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *