Arti Assalamualaikum

Arti Assalamualaikum ini akan saya uraikan dengan cara yang sederhana saja. Hal ini melihat karena secara internalitas saya hanya pemuda kampung yang berbasis masyarakat awam. Pendeskripsian ini termotivasi dari sebuah gejolak yang berangsur kian menyinggung peradaban sosialis di ruang hidup saya.

Dalam sebuah literatur, mengucap salam adalah ajaran Agama yang bersifat anjuran. Ucapan salam “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” merupakan susunan kalimat salam yang di ajarkan dalam Agama Islam. Dalam bahasa Indonesia berarti “Semoga Allah SWT menganugerahkan keselamatan, rahmat dan keberkahanNya kepadamu”.

Makna Salam

Ragam Ucapan Salam dalam Beberapa Agama

Keaneka Ragaman Ucapan Salam

Kemudian ada juga ucapan salam yang berbunyi “Salam sejahtera bagi kita semua”. Ucapan itu berasal dari ajaran Agama Kristen. “Shalom” dari ajaran Agama Katholik. “Om Swastiastu” dari Agama Hindu. “Namo Buddhayya” dari Agama Budha dan “Salam Kebajikan” dari Agama Konghucu.

Ucapan-ucapan salam tersebut adalah ucapan salam dari beberapa Agama resmi yang ada di bumi pertiwi tercinta ini. Sekaligus mencerminkan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang Majemuk. Negara yang Bhineka Tunggal Ika. Sungguh subhanallah negara tercinta kita ini. Sepatutnya kita syukuri dalam-dalam.

Perkembangan Kalimat Salam

Perkembangan Ucapan Salam

Akan tetapi, sebetulnya masih banyak lagi ucapan-ucapan salam selain yang sudah tersaji diatas. Ucapan-ucapan salam selain yang sudah saya sebutkan di atas muncul dari bermacam latarbelakang. Ada yang tumbuh merambat dari bahasa lokal, aliran kepercayaan dan percakapan-percakapan akrab dalam pergaulan keseharian.

Contoh salam selain yang ada diatas seperti ucapan “Sampurasun”. Ucapan tersebut biasa terdengar dari saudara-saudara kita yang ada di sebagian wilayah jawa barat. Ucapan salam “Sampurasun” sudah tak asing lagi di telinga khalayak umum.

Dari beberapa informasi yang saya terima, kata sapa “Sampurasun” termasuk bagian dari kearifan lokal warga setempat. “Sampurasun” mempunyai arti yang dalam. Dalam sepenggal kata itu, tersimpan sebuah ajakan untuk menyempurnakan diri, menyempurnakan panca indra dan menyempurnakan hati dengan penuh ketulusan.

Menurut saya, dari salam-salam yang ada di negeri tercinta ini, memiliki tujuan yang senada. Yakni sama-sama mengharapkan kebaikan bagi kedua belah pihak, pemberi dan penerima ucapan. Bukankah lebih baik menebar kedamaian dengan salam daripada menghamparkan ujaran-ujaran kebencian ??

Ucapan Salam Dalam Islam

Ucapan Salam Ala Islam

Berhubung saya adalah warga Negara Indonesia Agama Islam, saya akan mengupas ucapan salam yang di ajarkan oleh Agama Islam. Maaf bukan berarti saya pilih kasih. Demikian ini karena saya kosong pemahaman dengan ucapan salam selain “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”.

Agama islam merupakan agama dengan penganut paling besar di Indonesia. Islam sendiri memiliki arti damai. Nama “islam” dan ucapan “Assalamu” memiliki arti yang sama karena keduanya berasal dari akar kata yang sama(Shighot Masdar; Nahwu red).

Keduanya mempunyai arti kedamaian. Islam adalah Agama yang damai dan mendamaikan. Sementara Assalamualaikum adalah ungkapan mendoakan oranglain agar mendapatkan suatu kedamaian. Dari sini jelas, bahwa Islam adalah Agama yang menganjurkan kedamaian kolektif. Bukan malah menimbulkan perpecahan.

Kandungan Arti Assalamualaikum

Kandungan Salam

Kedamaian yang diformulasikan islam bukan saja untuk kepentingan sepihak. Bukan hanya untuk pemberi salam atau penerima salam. Makna yang terkandung dalam lafadz Assalamualaikum warahmatullah wa barakatuh memuat arti yang substansial, esensial dan mendalam bagi umat islam.

Kenapa tidak cuma sepihak? Karena susunan kalimat Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh wajib dijawab dengan respon kalimat Waalaikumsalam warahmatullah wa barakatuh. Yang artinya adalah semoga keselamatan, rahmat dan keberkahan Allah juga terlimpah kepadamu.

Ucapan salam tersebut tidak hanya semata-mata berfungsi sebagai kalimat tegur sapa saja. Tetapi juga mengandung filosofi bahwa setiap individu penganut islam mustinya saling mendoakan bukan malah membenci, memaki, mencibir, memojokkan dan mencarikan kekurangannya.

Semburat Arti Assalamualaikum dalam wilayah yang lebih luas

Arti Assalamualaikum Lebih Luas

Menurut analisa saya pribadi, susunan kalimat salam mempunyai makna yang mengikat. Maksudnya begini, orang yang sudah mengucapkan salam kepada orang lain, maka sesungguhnya secara tidak langsung ia telah membumikan sebuah janji. Janji untuk tidak memusuhi atau melukai orang lain. Baik dalam segi perkataan maupun perbuatan.

Begitu pula orang yang membalas salam. Ketika ia sudah merespon pemberian salam dari oranglain, maka sebenarnya ia juga telah mengikrarkan sebuah janji. Janji untuk tidak melakukan kejahatan dalam bentuk apapun kepada orang yang sudah memberikan salam kepadanya.

Pendangkalan Arti dalam Mengucapkan Salam

Kekeliruan Mengamalkan Arti Assalamualaikum

Dewasa ini, banyak sekali saya temukan penggunaan salam yang hanya sebatas formalitas saja. Artinya, kalimat salam hanya terucap di bibir tanpa disertai kesadaran penghayatan dalam nurani. Akhirnya sebuah salam hanya mengendap dalam tradisi lisan. Tidak mengaliri sawah-sawah dan kebun-kebun tindakan.

Sungguh betapa ironisnya jika kalimat salam hanya mandek di batas kalimat tegur sapa saja. Tidak dimaknai bahwa kalimat salam sesungguhnya memiliki arti perjanjian. Perjanjian untuk menyebarluaskan perdamaian dan tidak melukai oranglain dalam bentuk dan segi apapun. Juga alasan apapun.

Begitu indahnya Agama Islam yang dibawa oleh kanjeng Nabi Muhammad SAW. Beliau sebagai kekasih Allah mengajarkan kepada umatnya agar tidak mengembangkan sikap permusuhan. Tidak saling menaburkan benih-benih kebencian. Beliau menginginkan umatnya saling welas asih, saling memberikan perlindungan dan perdamaian.

Patuh pada ajaran Agama

Kandungan Pesan dalam Arti Assalamualaikum

Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya berusaha semaksimal mungkin untuk meneladani ajaran-ajaran yang di sampaikan Rasulullah. Seyogyanya kita istiqomah membiasakan diri memaknai kalimat salam dengan penuh penghayatan dan peresapan. Tidak hanya sebatas memfungsikannya sebagai kalimat tegur sapa saja.

Kita sadari betul bahwa mengucapkan salam berarti mendoakan kebaikan dan menjanjikan kedamaian kepada oranglain. Jika produk-produk terpuji masih banyak stok yang ready, buat apa bersikukuh mengekspori perbuatan-perbuatan tercela. Tidak logis bukan.

Sekian..

Baca Juga :

Jangan Sombongkan Kebisaanmu

Tinggalkan Balasan